Pengertian Lengkap Mengenai SPSS. Jenis dan Singkatannya.

spss adalah

SPSS adalah salah satu program komputer yang digunakan untuk melakukan analisis statistika tingkat lanjut, analisis data dengan algoritma machine learning, analisis string, serta analisis big data yang dapat dimasukan untuk membangun platform data analisis.

SPSS adalah aplikasi yang dibuat oleh perusahaan IBM Coporation. SPPS ini pertama kali dirilis dalam versi beta pada tahun 1968 dan memulai perilisan aplikasi yang stabil pada tanggal 1 Agustus 2010. Software satu ini bisa diaplikasikan di sistem operasi Windows, Linux dan Mac.

SPSS adalah software yang sangat populer di kalangan peneliti dan statistikawan untuk membantu perhitungan terkait analisis data.

SPSS sendiri menyediakan library untuk perhitungan statistik dengan antar muka interaktif yang menjadikannya sebagai software analisis data tingkat lanjut yang begitu terkenal di berbagai universitas ataupun perusahaan.

SINGKATAN SPPS

spss adalah

Setiap programer mungkin mengetahui SPSS ini namun tidak mengetahui apa sebenarnya kepanjangan dari SPSS sendiri. SPSS adalah singkatan dari Statistical Package for the Social Science.

Aplikasi ini merupakan aplikasi pengolah data yang paling dipercaya oleh para ilmuwan dan sering digunakan di berbagai universitas baik negeri atau swasta, perusahaan besar ataupun kecil serta tentunya instansi. Berikut adalah contoh penggunaan SPSS :

1. Melakukan riset pemasaran
2. Analisis data survey
3. Populer digunakan untuk penelitian akademik mahasiswa
4. Populer digunakan untuk keperluan pemerintahan.
5. Data Mining
6. Membantu untuk pengambilan keputusan suatu perusahaan
7. Penelitian kesehatan masyarakat
8. Mendokumentasikan data
9. Respresentasi data statistik.

SPSS ADALAH TERMASUK APLIKASI JENIS ….?

spss adalah

SPSS adalah program aplikasi yang termasuk jenis aplikasi pengolah data. Karena termasuk kedalam aplikasi pengolah data, SPSS mempunyai beberapa fitur dasar antara lain :

1. Statistika Deskriptif

Metode yang berkaitan dalam hal pengumpulan data dan penyajian data sehingga dapat diperoleh suatu informasi dari data tersebut disebut dengan statistika deskriptif.

Contohnya seperti rataan hitung ( mean ), nilai tengah ( median ), nilai yang sering muncul ( modus ), standar deviasi, ragam dan sebagainya. Salah satu fitur SPSS adalah ini paling sering digunakan oleh para statistikawan.

2. Statistika bivariat

Analisis yang dilakukan secara simultan untuk pengujian antar 2 variabel disebut statistika bivariat. Contoh fitur spss adalah uji t, ANOVA dan lain sebagainya.

3. Regresi linear

Regresi linear adalah suatu alat ukur yang digunakan untuk mengukur hubungan antar variabel yang independen dengan variabel lainnya.

4. Identifikasi kelompok

Salah satu fitur dasar spss adalah mengidentifikasi kelompok. Sebenarnya ada beberapa metode yang bisa digunakan antara lain analisis faktor, analisis klaster dan discriminant.

5. Analisis Spesial

Salah satu fitur dasar spss adalah analisis spesial. Analisis spesial merupakan metode – metode yang paling sering digunakan dalam pengolahan data Geograpic Information System yang paling umum digunakan oleh Badan Meteorlogi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG )

6. R Extention

R Extention SPSS adalah aplikasi berupa plugin yang dapat dipasang untuk melakukan implementasi algoritma yang dimasukan pengguna dengan bahasa pemograman R. Plugin ini bisa menyelesaikan segala algoritma yang sulit agar diolah menjadi sebuah data yang valid.

Dengan fitur – fitur dasar diatas, menjadikan SPSS sebagai aplikasi yang paling memudahkan para ilmuwan untuk mengola data dan memiliki kelebihan dibandingkan aplikasi yang lain.

Kelebihan SPSS adalah mampu mengakses data dari berbagai macam format data yang tersedia, memberikan tampilan data yang lebih informatif, informasi lebih akurat.

Melakukan analisis yang sama untuk kelompok – kelompok pengamatan yang berbeda secara sekaligus dalam beberapa klik saja, mampu merangkum data dalam format tabel multidimensi.

Tabel multidimensi yang terdapat dalam SPSS adalah tabel yang mempunyai sifat interaktif, artinya kolom tabel bisa menjadi baris atau sebaliknya.

Dengan berbagai kelebihan yang sudah tercatat diatas, spss adalah aplikasi yang sangat membantu untuk pekerjaan eksplorasi data yang sering dilaksanakan oleh para statistikawan. Tidak ayal, aplikasi ini pun menjadi aplikasi yang paling disukai untuk pengolahan data.

Itulah penjelasan singkat SPSS. Jadi bisa di ambil kesimpulan bahwa SPSS adalah aplikasi yang sangat beguna untuk dunia teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *