7 Tips Memilih Kambing | Domba | Sapi Qurban

jual sapi bali

Sapi Qurban – Memang tidak dapat asal-asalan dalam memberi hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha kesempatan ini. Hewan kurban terunggul yang Anda beri pasti juga jadi amalan terunggul.

Pikirkan saja misal ini jadi kurban paling akhir, pasti kita sudah memberi yang terunggul untuk amalan terunggul.

Nah, seperti apakah panduan pilih hewan kurban? tersebut panduan pilih hewan ternak untuk kurban yang wajar dari Ajat Sudrajat, Manager Kampung Ternak Nusantara (KTN) Dompet Dhuafa.

1. Jenis Hewan

jual sapi bali

hewan kurban yang akan dikasihkan merupakan hewan ternak seperti unta, kambing, domba, sapi, atau kerbau seperti yang sudah jadi ketetapan.

Baca juga: Jual sapi qurban

2. Umur

Telah penuhi prasyarat usia. Karena ketetapan tiap-tiap type hewan ternak yang akan kita kurbankan berlainan. Untuk kambing atau domba merupakan berumur setahun, sapi atau kerbau dua tahun, serta untuk unta lima tahun.

3. Pergantian Gigi

hewan kurban telah alami perubahan gigi seri depan serta bawah. Ajat Sudrajat, menyampaikan jika ciri-ciri gigi susu kecil serta runcing, sedang gigi masih hasil dari perubahan merupakan besar serta rata.

4. Sehat

hewan kurban mesti dalam keadaan sehat serta tidak tunjukkan pertanda sakit seperti demam, kurang nafsu makan, kudis, ada ekskreta (buangan) dari lubang hidung, bulu kusam serta berdiri, mata cekung serta kotor, diare, dan lemas.

5. Gemuk

tidak kurus serta cacat (pincang, buta, daun telingan tidak ada). Karena dengan memberi yang terunggul, pasti kita akan mencapai hasil terunggul juga.

6. Bersih

ini jadi penambahan saja karena hewan kurban yang sehat cuping hidungnya basah (bukan karena flu), bulunya bersih serta mengilap, nafas serta detak jantung normal, nafsu makan normal, lubang kumlah bersih serta berwarna merah muda.

7. Tempat

Memilih tempat pembelian hewan qurban juga sangat penting untuk menjamin kesehatan sapi qurban tersebut. Peternakan harus dilingkungan bersih, jangan sampai dekat dengan tempat.

Udara sekitar peternakan juga bersih, tidak terjamah polusi. Hal ini tentunya untuk kesehatan hewan dan tingkat stress.

Untuk memilih tempat penjual hewan qurban sapi Anda tidak perlu khawatir. Karena, kami menyarankan Qurban Sabahat Yatim yang memiliki hewan qurban berkualitas dan harga terjangkau.

Itulah beberapa tips untuk memilih hewan qurban. Jangan terburu-buru dalam membeli hewan qurban, pilihlah yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *