Pengertian Transformator, Fungsi Serta Jenisnya | LENGKAP

Pengertian Transformator – Tranformator merupakan alat yang begitu dikenal oleh para elektronika. Sebab, alat yang satu ini merupakan ‘jantung’ yang menghubungkan arus listrik dari tempat yang satu ke tempat yang lainnya.

Meski begitu, ternyata masih banyak para eletktronika yang belum tahu tentang alat ini secara lengkap sehingga ada beberapa diantaranya mencari pengertian transformator, fungsi ataupun jenis transformator.

PENGERTIAN TRANSFORMATOR

pengertian transformator

Ada banyak ragam yang berkembang mengenai pengertian transformator ini. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, transformator adalah sebuah alat yang memindahkan aliran listrik antara dua komponen melalui elektromagnetik.

Sementara itu, pengertian tranformator menurut ilmu elektrik ialah suatu alat yang mengubah taraf suatu tegangan ke tegangan yang lain entah diturunkan atau dinaikan tegangan tersebut.

Sebetulnya dari berbagai pengertian diatas bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa pengertian transformator adalah sebauh alat yang memindahkan dan mengubah aliran listrik entah menjadi turun ataupun menjadi naik tegangan tersebut.

FUNGSI TRANSFORMATOR

Secara umum, transformator dikenal memiliki beberapa fungsi antara lain.

  1. Mendistribusikan tegangan dari voltase rendah ke voltase tinggi
  2. Menjadi sistem komunikasi dimana transfomator dipakai sebagai frekuensi radio atau motor
  3. Menghubungkan arus listrik dari tempat yang satu ke tempat lain.
  4. Meninggikan tegangan listrik
  5. Menurunkan tegangan listrik
  6. Mengubah tegangan dari arus AC ke arus DC.
  7. Sebagai alat penguat frekuensi radio menjadi menengah pada penerima pertama.
  8. Sebagai alat penguat pada rangkaian receiver atau perangkat audio baik audio visual ataupun digital.

Ternyata sebuah transfomator terdapat berbagai jenis yang mempunyai pengertian transformator sendiri dan berbeda dari jenis transfor lain. Berikut adalah jenisnya serta pengertiannya.

PENGERTIAN TRANSFORMATOR STEP UP

transformator yang mempunyai lilitan sekunder lebih banyak dari lilitan primer, yang memiliki fungsi sebagai alat penaik tegangan adalah pengertian transformator step up.

Salah satu jenis transformator yang satu ini sangat sering dipasang pada berbagai jenis pembangkit listrik sebagai alat peningkat tegangan yang dihasilkan oleh generator menjadi tegangan bervoltase tinggi dan dipakai untuk transmisi jarak jauh.

TRANSFORMATOR STEP DOWN

Pengertian transformator step down adalah alat transformator yang memiliki lilitan primer lebih banyak daripada lilitan sekunder.

Akibatnya, transformator ini berfungsi sebagai alat penurun tegangan listrik, yang sebenarnya kebalikan dari fungsi transformator step up.

PENGERTIAN TRANSFORMATOR DISTRIBUSI

Transformator distribusi bisa dikatakan sebagai ‘jantung’ transmisi dan distribusi. Transformator distribusi adalah alat transformator yang digunakan sebagai ‘pemecah’ arus bertekanan tinggi menjadi rendah agar bisa dimanfaatkan oleh konsumen.

Transfo umum yang digunakan adalah berukuran 200kV/400 volt. Biasanya, transformator yang satu ini dipasang di gardu – gardu listrik PLN

TFOARANSRMTOR ARUS

Transformator arus sebenarnya merupakan bagian dari transformator khusus. Pengertian transformator arus sendiri adalah alat yang digunakan alat pengukuran dan penurunan yang digunakan di sebuah arus untuk perbandingan sebagai dasarnya yang didasari oleh perbandingan yang tertentu saja dilakukan.

Fungi transformator arus sendiri adalah sebagai alat ukur arus yang mengalir dalam sebuah rangkaian utama. Selain itu, karena memiliki lilitan sekunder yang lebih banyak dari primer sehingga transformator yang satu ini bisa berguna juga sebagai alat pelindung peralatan

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian transformator ataupun jenis transformator sendiri yang bisa dimanfaatkan oleh para elektronika. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *