Payment Gateway Solusi Cerdas Transaksi Online yang Aman dan Cepat

Pesatnya pertumbuhan jaringan belanja online di Indonesia membuat para ahli bersama-sama mengembangkan layanan baru salah satunya payment gateway.

Kehadirannya dianggap membantu terutama dalam pengelolaan pembayaran. Meski termasuk item otorisasi pembayaran populer, masih banyak yang belum memahami bahkan tidak bisa menggunakan sistemnya sama sekali.

payment gateway

Apa itu payment gateway?

Merupakan layanan yang membantu otorisasi pembayaran belanja seseorang baik melalui transfer bank atau kartu kredit. Selain menerima dana sistem ini juga membantu mengirimkan dana. Proses otorisasi yang dilakukan sangat realtime, aman dan nyaman.

advertisement

Sistem otorisasi ini memang dibuat untuk membantu mempercepat otorisasi pemasukan dan pengeluaran dana bisnis atau perorangan. Mengapa disebut aman? Jika terjadi kekeliruan pada saat melakukan transaksi atau pembayaran gagal, maka sistem akan membatalkannya secara langsung.

Contohnya seperti sistem pembayaran perusahaan Prismalink yang menyediakan layanan sistem pembayaran online secara cepat dan mudah.

payment gateway - 2020

Profil PrismaLink

Biasanya perusahaan penyedia layanan payment gateway menerima berbagai macam transaksi dari kartu kredit, kartu debit online, hingga transfer bank yang sudah bekerjasama.

Tidak hanya itu kadang bahkan ada perusahaan yang juga sudah bekerjasama dengan beberapa retail supermarket yang ada di seuruh tanah air.

PrismaLink.Co.Id merupakan salah satu provider payment gateway di Indonesia, yang didirikan sejak tahun 2011. Provider ini memiliki visi misi untuk menjadi unggulan dan pemain kunci dalam industri payment gateway di indonesia. Serta sudah dan terus berinovasi dalam membangun sistem pembayaran yang modern dan kelas dunia

Tidak hanya itu, Prismalink juga diisi oleh SDM, team dan staff yang profesional dan berkompeten dibidang nya masing-masing. Hal itu komitmen perusahaan untuk menghadirkan produk yang inovatif dan berkualitas.

Seperti yang bisa kita lihat pada website mereka, prismalink.co.id mempunyai beberapa keunggulan dibanding kompetitor. Diantaranya adalah:

advertisement
  • Memiliki virtual account yang lengkap,
  • White Label Apps yang memudahkan anda untuk memiliki aplikasi berfitur payment gateway serta Bill payment dengan menggunakan brand anda sendiri,
  • QR Code Payment, Billing payment service,
  • Memiliki tim IT yang telah berpengalaman,
  • Dengan menggunakan Prismalink anda dapat melakukan pembayaran melalui Alfamart atau Indomart serta bank-bank yang telah bekerja sama dengan Prismalink.

Bagaimana sistem kerja payment ini?

Mekanisme kerja sistem ini sebenarnya tidak begitu rumit terutama bagi masyarakat awam yang lebih suka kepraktisan dan kemudahan. Tapi agar lebih memahaminya simak penjelasannya berikut ini:

1 Pelanggan membeli produk

Pertama-tama seorang pelanggan tertarik untuk membeli produk di suatu marketplace online. Dan kebetulan penjual tersebut menggunakan sistem payment gateway.

2 Payment menerima pesan

Selanjutnya sistem akan menerima pesan tersebut dan melanjutkan pada proses payment bank. Sebelum melanjutkan pada bank, sistem akan mengirimkan informasi ke penerbit kartu kredit terlebih dahulu.

3 Bank menerima informasi

Setelah melalui tahapan kedua, selanjutnya bank menerima permohonan otorisasi dan mengolah informasi. Di sinilah hasil akhirnya, apakah pembayaran dinyatakan diterima atau ditolak.

4 Pesan balik ke payment

Prosesor payment menyampaikan informasi terbaru pada sistem otorisasi yang selanjutnya akan diterima oleh marketplace online tempat belanja hingga pelanggan menerima status pembayarannya berhasil.

Manfaat menggunakan payment gateway

1. Mudah dan aman

Kemudahan, kecepatan dan keamanan transaksi akan diperoleh saat menggunakan sistem ini. Bahkan seseorang pernah mengklaim jika ribuan transaksi bisa terselesaikan secara cepat tanpa ada masalah atau kegagalan.

2. Melindungi data pemilik kartu kredit

Salah satu alasan banyak orang malas belanja online menggunakan kartu kredit khawatir data kartunya dibobol. Tapi dengan menggunakan sistem ini, teknologi enkripsi data memungkinkan untuk melindungi data pemilik kartu kredit dengan baik. Contohnya seperti sistem keamanan  dengan standar PCI DSS serta 3DS yang ada di Prismalink.

4. Menerima dana dari banyak rekening

Keuntungan ini banyak dirasakan oleh penjual yang menggunakan sistem otorisasi ini. Mengapa demikian? artinya mereka tidak perlu menawarkan atau menyediakan banyak nomor rekening karena sistem ini mampu memproses dari rekening bank apa saja.

payment gateway

5. User friendly

Dashboard yang terdapat pada sistem memungkinkan penjual maupun pembeli untuk melihat data-data yang ada. Seperti pengembalian dana, rekonsiliasi penjualan dan data penting lainnya. Kemudahan ini menjadi daya tarik lain dari sistem otorisasi ini.

Itulah informasi singkat tentang sistem otorisasi pembayaran terkini payment gateway. Anda yang belum pernah mendengar atau menggunakannya sama sekali, bisa mulai merencanakan untuk mencoba sistem modern ini untuk memudahkan dan menjamin keamanan transaksi jual beli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *