Minuman yang Bisa Menggugurkan Kandungan

Minuman yang bisa menggugurkan kandungan ibu hamil sebaiknya patut mewaspadai. Janin bisa terjaga kesehatannya dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat.

Minuman yang Bisa Menggugurkan Kandungan

Perlu Anda tahu bahwa janin yang masih dalam usia kehamilan sebulan atau 4 minggu masih sangat rentan keguguran jika tidak dijaga dengan benar. Apalagi janin masih berbentuk embrio kecil dengan ukuran sekitar 0,2 cm sebelum akhirnya tumbuh dan berkembang besar.

Ibu hamil sendiri umumnya punya banyak pantangan, terutama dari segi makanan dan minuman yang diasup. Ada beberapa anjuran untuk tidak meminum minuman di bawah ini demi kesehatan janin dan supaya jabang bayi tidak keguguran.

advertisement

7 Minuman yang bisa menggugurkan kandungan

  • Jus nanas

Nanas menggugurkan kandungan mitos atau fakta? Apabila selama belum hamil, kamu hobi mengonsumsi buah nanas atau membuatnya jadi jus nanas, maka sebaiknya dihindari ketika sudah mengandung.

Kandungan bromelain dalam nanas bisa melunakkan leher rahim dan bisa memicu kontraksi pada ibu hamil hingga menyebabkan keguguran. Jadi, sebaiknya hindari jus nanas atau makan buahnya selama masa kehamilan.

Minuman yang Bisa Menggugurkan Kandungan
Jus Nanas Muda : Minuman yang Bisa Menggugurkan Kandungan
  • Susu mentah

Tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk meminum susu yang memang dikhususkan untuk perkembangan janin selama masa kehamilan. Namun, susu yang dimaksud di sini adalah susu yang belum melalui proses pasteurisasi alias susu mentah.

Hal ini karena dikhawatirkan susu mentah masih mengandung bakteri seperti Listeria Monocytogenes yang dapat menyebabkan sakit hingga membahayakan kehamilan. Selain susu mentah, juga sebaiknya tidak makan apapun yang terbuat dari olahan susu mentah.

  • Minuman beralkohol

Minuman beralkohol seperti minuman keras memang sudah menjadi rahasia umum untuk tidak diminum oleh ibu yang sedang hamil. Kandungan berbahaya dalam alkohol dapat membuat bayi lahir cacat, prematur hingga risiko bayi meninggal dunia. Selain itu, alkohol juga mengganggu perkembangan otak bayi sehingga menghambat tumbuh kembangnya.

  • Minuman berkafein

Saat sedang hamil sebaiknya hindari meminum minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan coklat. Karena menurut sejumlah penelitian, kafein dapat memicu keguguran, kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan yang rendah.

Selain itu, kandungan tannin di dalam minuman seperti teh dapat mengganggu proses penyerapan zat besi dan kandungan kopi juga dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi hingga membuat kerja jantung makin berat. Bahaya bagi janin dan bahaya juga bagi sang ibu.

advertisement
  • Minuman bersoda

Kandungan dalam minuman bersoda sungguh tidak baik bagi ibu hamil seperti zat pengawet, kafein, pemanis buatan, karbonat, dan asam posfat. Itulah sebabnya minuman bersoda menjadi pantangan bagi ibu yang lagi mengandung. Kalau dikonsumsi maka dapat beresiko menyebabkan bayi lahir cacat sampai memicu penyakit diabetes gestational.

  • Jus lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya memang selama ini dikenal memiliki banyak khasiat sebagai obat herbal. Biasanya digunakan untuk mengobati kulit dan rambut serta diminum untuk mencegah sakit pada pencernaan serta maag.

Selama masa kehamilan sebaiknya hindari mengonsumsi jus lidah buaya karena kandungan antrakuinon di dalamnya dapat memicu kontraksi sehingga menyebabkan keguguran.

Selain itu, mengonsumsi lidah buaya dapat menurunkan kadar gula dalam darah yang berpotensi bahaya bagi janin dan sang ibu.

Minuman yang Bisa Menggugurkan Kandungan
  • Air dingin / es

Ada beberapa anggapan selama ini yang mengatakan bahwa air es tidak baik bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan volume air ketuban meningkat.

Jumlah air ketuban yang banyak berdampak kurang baik bagi tubuh untuk menyerap nutrisi bagi janin. Lalu air es juga dapat membuat ibu hamil mudah lelah karena dapat menghambat penyerapan nutrisiatau gizi.

Selain pantangan minuman di atas, masih ada pantangan makanan ibu hamil muda lainnya yang sebaiknya diperhatikan. Contohnya seperti pantangan memakan makanan setengah matang (steak atau telur setengah matang), ikan bermerkuri tinggi, hati hewan, dan sebagainya. Karena kandungannya yang kurang baik maupun adanya risiko infeksi bakteri dan parasit khususnya pada masakan mentah atau kurang matang.

akanan Buah Minuman yang Bisa Menggugurkan Kandungan
Buah yang dipercaya banyak orang bisa menggugurkan kandungan

Pantangan ibu hamil lainnya adalah menghindari penggunaan high heel karena beresiko terpeleset dan terkiri, berziarah ke makam, hindari orang asing menyentuh perut ibu hamil, memakai riasan make up yang bahan nya belum jelas terjamin keamanannya, berendam di air panas, membersihkan kotoran kucing.

Itulah beberapa informasi mengenai minuman yang bisa menggugurkan kandungan. Dengan mengetahui info ini maka ibu hamil dapat lebih waspada dan mengatur asupan gizinya dengan tepat selama masa kehamilan. Semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Membuat Infused Water Lemon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *