7 Cara Meningkatkan Kesehatan Mental secara Signifikan

Meningkatkan Kesehatan Mental. Anda tentu pernah mendengar ungkapan bahwa sehat itu mahal, bukan? Ungkapan ini memang sangat benar sekali karena Anda harus mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan pengobatan.

meningkatkan kesehatan mental

Memulai hidup sehat sangatlah mudah dilakukan seperti mulai mengkonsumsi makanan yang bergizi, makan teratur serta rutin melakukan olahraga.

Berbicara mengenai kesehatan bukan hanya fokus pada kesehatan badan saja, namun yang tidak kalah penting yaitu kesehatan mental.

Sejumlah penelitian sudah membuktikan bahwa kekurangan zat tertentu bisa mempengaruhi kesehatan mental, salah satunya vitamin D. Tidak hanya terbatas pada zat ini saja.

Kelengkapan gizi lain yang terpenuhi akan berperan penting pada metabolisme tubuh dan kinerja hormon, yang notabene berpengaruh besar pada mooddan kesehatan mental Anda.

Jenis Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

Setiap jenis makanan mempunyai kandungan gizi dan vitamin yang berbeda. Berikut merupakan jenis-jenis makanan yang dapat Anda konsumsi untuk meningkatkan kesehatan mental Anda.

meningkatkan kesehatan mental

Gandum Utuh

Gandum utuh merupakan jenis makanan yang mengandung karbohidrat dan mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi. Karbohidrat itu sendiri terdiri dari karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.

Tubuh akan lebih mudah memecah karbohidrat sederhana hanya saja hal ini dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Berdasarkan hasil penelitian, orang akan rentan mengalami depresi atau cemas karena asupan gula yang berlebihan.

Sedangkan kandungan karbohidrat komplek pada gandum utuh memerlukan proses pemecahan yang lebih lama sehingga baik untuk otak dan kesehatan mental Anda.

meningkatkan kesehatan mental

Keluarga Beri

Buah-buahan yang berasal dari keluarga beri ini sangat mudah ditemukan dan dikonsumsi sehari-hari. Buah beri tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh namun juga baik untuk kesehatan mental Anda.

Kandungan antioksidan pada buah beri sangat tinggi sehingga buah ini dapat mencegah penuaan dini, meningkatkan daya tangkap otak serta mengurangi stress.

meningkatkan kesehatan mental

Sayuran Hijau

Bagi Anda yang kurang menyukai sayuran, Anda perlu membiasakan diri untuk mengkonsumsinya karena sayuran mempunyai segudang manfaat baik untuk kesehatan.

Di dalam tubuh kita terdapat hormone yang berfungsi untuk mengendalikan suasana hati, kandungan asam amino yang terdapat pada sayuran hijau sangat mempengaruhi kerja hormon tersebut.

Kandungan lain yang dimiliki sayuran hijau yaitu asam folat dan vitamin B sangat penting untuk tubuh karena dapat menurunkan tingkat depresi, masalah insomnia dan kelelahan.

Jenis sayuran hijau yang tinggi akan kandungan asam folat yaitu seperti sawi, brokoli, bayam, lobak, lentil dan bit.

meningkatkan kesehatan mental - 2020

Lemak Ikan

Omega 3 merupakan makan otak yang sangat baik karena terbukti dapat mengurangi depresi, gangguan mental, skizofrenia serta sindrom ADHD.

Omega 3 banyak terdapat pada ikan sarden, salmon dan makarel yang bisa Anda dapatkan di supermarket.

Dengan rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 makan tubuh akan menghasilkan hormone serotonin dan dopamine yang berpengaruh dalam mengatur suasana hati.

Aktivitas untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

Selain harus mengkonsumsi makanan yang bergizi, Anda juga perlu melakukan beberapa aktivitas seperti di bawah ini untuk menjaga kesehatan mental Anda.

meningkatkan kesehatan mental

Mencoba Hal Baru

Stress dapat dipicu oleh rasa bosan yang dikarenakan melakukan kegiatan yang sama terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama.

Nah, untuk mengatasinya Anda mencoba untuk mengubah penampilan Anda, mencoba kegiatan baru seperti membuat kerajinan atau berkebun, atau Anda dapat menggunakan transportasi umum ke tempat kerja jika biasanya menggunakan kendaraan pribadi.

meningkatkan kesehatan mental

Menghargai Diri Sendiri

Hal yang harus Anda lakukan adalah berpikiran positif terhadap diri Anda sendiri. Hargai diri Anda sebagaimana Anda menghargai orang lain. Cara menghargai diri juga dapat Anda lakukan dengan tidak membandingkan kemampuan Anda dengan orang lain.

Hilangkan pikiran terhadap kekurangan yang Anda miliki, namun sebaliknya Anda perlu mempelajari sesuai yang baru seperti belajar bahasa asing atau meluangkan waktu untuk jalan-jalan bersama teman-teman Anda.

meningkatkan kesehatan mental

Mengikuti Kegiatan Sosial

Aktif mengikuti kegiatan sosial akan membuat Anda sedikit lebih sibuk sehingga tidak mempunyai waktu untuk memikirkan hal-hal negatif. Selain itu, kegiatan sosial seperti beramal atau membantu orang lain dapat menciptakan suasana hati yang lebih baik karena bermanfaat bagi orang lain.

Baca juga: Kata kata Positif untuk Diri Sendiri

Beberapa jenis makanan dan aktivitas yang telah dipaparkan di atas cukuplah mudah untuk Anda coba. Namun, jika dengan menerapkan pola hidup dan makan sehat masih belum memberikan pengaruh yang signifikan untuk perkembangan kesehatan mental Anda, maka berkonsultasilah kepada ahlinya.

Anda dapat menggunakan aplikasi Halodoc sehingga Anda dapat mendiskusikannya dengan psikolog. Penggunaan aplikasi Halodoc juga sangat mudah karena konsultasi dapat dilakukan dengan menggunakan video call, voice call atau chat. Selain itu, Halodoc juga menyediakan banyak dokter spesialis lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *