6 Catatan Melahirkan Anak Pertama Untuk Setiap Pasangan

melahirkan anak pertama

Melahirkan anak pertama tentunya salah satu moment terbesar bagi setiap pasangan, terlebih untuk calon ibu. Karena calon ibulah yang memiliki tanggung jawab terbesar selama proses melahirkan.

Walaupun demikian, untuk calon ayah juga harus mensuport pasangannya. Dari mempersiapkan segala kebutuhan, sampai menemani selama proses melahirkan.

Agar tidak kebingungan, Yuk simak 6 catatan melahirkan anak pertama yang harus dipersiapkan sejak dini:

1. Ikut Seminar dan Kelas Melahirkan Anak Pertama

melahirkan anak pertama

Jika belum memiliki pengalaman, maka belajarlah dari yang sudah ahli atau yang memiliki pengalaman.

Contohnya mengikuti seminar dan kelas melahirkan. Dari sana, banyak pengetahuan baru yang tentunya sangat berguna untuk menghadapi proses persalinan.

Anda juga bisa bertanya seputar melahirkan anak dari orang tua, saudara ataupun teman yang sudah memiliki anak. Pengalaman mereka tentunya bisa menjadi pelajaran yang berharga.

2. Latihan Ibu Hamil

melahirkan anak pertama

Selama mengandung, calon ibu di anjurkan untuk mengikuti senam-senam khusus ibu hamil. Hal ini berguna untuk membantu proses melahirkan dan menjaga posisi bayi dalam kandungan.

Jangan lupa untuk memilih instruktur senam atau olahraga hamil yang bersertifikat. Tentunya agar hasilnya tidak mengecewakan apalagi berdampak negatif.

3. Memilih Tempat Melahirkan Anak Pertama

melahirkan anak pertama

Selain peran suami yang menjadi pendukung terpenting selama proses melahirkan. Peran dokter atau bidan juga tidak kalah pentingnya.

Oleh karena itu, pilihlah dokter atau bidan yang sudah terpercaya. Selain itu, jaraknya pun perlu diperhitungkan agar mudah ketempat persalinan.

4. Cek Kesehatan Secara Rutin

Setelah memilih dokter ataupun bidan yang tepat, jangan lupa untuk rutin memeriksa kandungan buah hati. Selama proses ini dianjurkan pasangan dan dokter/bidan bisa menjalin hubungan agar lebih akrab.

Sehingga, selama proses pemeriksaan kandungan tidak ada yang ditutupi.

5. Cukup Gizi

Selama konsultasi, tentunya dokter/bidan akan memberikan anjuran seputar makanan yang baik dan yang harus dihindari selama mengandung. Ikuti semua anjuran dan jangan ragu untuk selalu menanyakan makanan lainnya.

Untuk suami juga harus membantu mengawasi pola makan istri, dan membantu memenuhi gizi istri dan si buah hati dalam kandungan.

6. Mempersiapkan Jasa Aqiqah

Tentunya, melahirkan akan ada banyak acara-acara, seperti pemberian nama dan juga aqiqahan.

Baca juga: Hukum Aqiqah

Acara aqiqah sangat baik sebagai rasa syukur telah diberikan seorang anak yang tidak semua pasangan bisa memilikinya. Oleh karena itu, memilih jasa aqiqah yang baik dan sesuai syariat harus menjadi point yang dipikirkan dari sekarang juga.

Untuk itu, kami sarankan memilih Paket Aqiqah Sahabat Yatim yang syar’i dan sudah terpercaya di 10 kota.

Itulah 6 catatan yang harus diingat setiap pasangan dalam menghadapi proses melahirkan anak pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *