Penjelasan Tentang Materi Bulu Tangkis | SD | SMP | SMA

materi bulu tangkis

Materi Bulu Tangkis – Badminton atau bulu tangkis merupakan olahraga yang cukup digemari oleh masyarakat dunia. Karena olahraga yang satu ini cukup digemari, akibatnya olahraga ini menjadi salah satu olahraga yang masuk dalam bab di mata pelajaran olahraga.

Materinya pun kadang dicari oleh para siswa itu sendiri atau gurunya. Berikut adalah rangkuman dari materi bulu tangkis di setiap tingkatan pendidikan.

Materi Bulu Tangkis Singkat

materi bulu tangkis

Materi bulu tangkis singkat atau lebih dikenal dengan istilah badminton adalah salah satu olahraga yang dimainkan oleh dua orang.

Cara memukul kok agar melewati jaring dan jatuh di bidang permainan lawan untuk mendapatkan poin. Alat pukul koknya sendiri pun dinamakan raket.

Materi bulu tangkis sendiri termasuk olahraga yang dimana pertandingannya ditentukan oleh skor, bukan waktu.

Umumnya, suatu pertandingan materi bulu tangkis dinyatakan selesai bila salah satu pemainnya sudah mencapai angka 21 yang diselesaikan selama 2 set. Namun dibeberapa kasus, ada pula pertandingan yang selesai dalam selama 3 set.

Sama seperti olahraga yang lain, materi bulu tangkis juga memiliki organisasi induknya sendiri. Sebut saja Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia ( PBSI ) yang menjadi organisasi bulu tangkis Indonesia.

Adapula International Badminton Federation sebagai induk bulu tangkis di dunia internasional.

Materi Bulu Tangkis SMP

materi bulu tangkis

Materi bulutangkis SMP biasanya meliputi sejarah dari bulu tangkis, peralatan bulu tangkis serta kompetensi bulu tangkis itu sendiri.

1. Sejarah

Permainan materi bulu tangkis mulai dikembangkan pada 2000 tahun yang lalu di Tiongkok. Saat itu, orang – orang di Tiongkok bermain badminton tanpa raket. Mereka menggunakan kaki. Tujuannya agar menjaga selama mungkin kok agar tidak jatuh ke tanah.

Di abad pertengahan, Inggris mulai mengadaptasi permainan ini dan menjadi permainan paling disukai oleh warga Inggris kala itu. Mereka menggunakan kayu dayung dan bersiasat bersama agar menjaga kok tetap di udara dan mencegah kok menyentuh tanah.

Lalu seiring adanya misi untuk menyebarkan kristen dan mencari rempah – rempah, Inggris pun membawa permainan ini. Segera saja permainan ini menjadi permainan populer warga setempat tanpa memperhatikan peraturan di materi bulu tangkis itu sendiri.

Pada tahun 1877, rancangan peraturan materi bulu tangkis mulai diperkenalkan oleh Klub Badminton Bath.

Tak lama, dibentuklah Asosiasi Bulu Tangkis se-Inggris Raya. Kejuaraan internasionalnya sendiri pun pertama kali dimulai pada tahun 1899 dan sempat menjadi olahraga terfavorit di Asia Timur dan Asia Tenggara.

2. Peralatan bulu tangkis

Materi bulu tangkis kedua adalah peralatan bulu tangkis. Dalam bermain bulu tangkis, ada beberapa peralatan yang harus disiapkan oleh para pemainnya. Peralatannya sendiri antara lain

a. Raket

Raket adalah alat pemukul kok saat ini sesuai materi bulu tangkis. Umumnya, secara tradisional raket terbuat dari kayu.

Kemudian, alumunium dan bahan logam pun mulai dilirik saat ini. Selain bahan alumunium atau logam, raket pemain bulu tangkis profesional menggunakan berkomposisikan bahan berserat karbon.

b. Senar

Senar memiliki jenisnya sendiri dan memiliki ciri – ciri tanggap berbeda. Benang ini tidak bisa dianggap sebelah mata karena peralatan ini akan menentukan sukses atau tidaknya seorang pemain badminton dalam arena dan menjadi alat terpenting sesuai dengan materi bulu tangkis.

c. Kok

Kok merupakan bola yang digunakan dalam bulu tangkis. Biasanya sesuai dari materi bulu tangkis, kok terbuat dari bulu angsa yang dibentuk seperti kerucut terbuka dengan pangkal bola yang terbuat dari gabus. Selain dari bulu angsa, kok juga bisa terbuat dari plastik.

d. Sepatu

Di berbagai jenis olahraga baik tenis, badminton, sepak bola ataupun lainnya, peran sepatu sangatlah penting.

Sebab, peralatan ini menunjang pergerakan pemain yang memang dituntut untuk lincah dan aktif selama permainan. Selain itu, penggunaan sepatu sangat dianjurkan dalam materi bulu tangkis.

Materi Bulu Tangkis SMA

materi bulu tangkis

Materi bulu tangkis yang biasa dibahas di bangku SMA biasanya meliputi Partai dan Lapangan serta jaring. Berikut materinya

1. Partai

Ada lima partai yang biasanya dimainkan dalam bulutangkis, antara lain

a. Tunggal Putra
b. Tunggal Putri
c. Ganda Putra
d. Ganda Putri

2. Lapangan dan Jaring

Lapangan sesuai dengan materi bulu tangkis, berbentuk persegi panjang dan mempunyai ukuran seperti terlihat pada gambar. Garis-garis yang ada mempunyai ketebalan 40 mm dan harus berwarna kontras terhadap warna lapangan.

Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yang lunak. Jaring setinggi 1,55 m berada tepat di tengah lapangan.

Materi Bulu Tangkis Kelas 10

Materi bulu tangkis kelas 10 biasanya meliputi kejuaraan bulu tangkis itu sendiri dan organisasi bulu tangkis baik di Indonesia ataupun internasional.

1. Kejuaraan Bulu Tangkis

Semenjak awal ketenaran olahraga materi bulu tangkis, ada beberapa kompetensi yang sering digelar oleh BWF sendiri. Itu antara lain :

a. Piala Thomas

Piala Thomas adalah kejuaraan bulu tangkis internasional untuk nomor beregu pria yang diadakan setiap dua tahun sekali. Nama kejuaraan ini berasal dari nama Sir George Alan Thomas, mantan Presiden IBF. Piala ini mesti dicatat dalam materi bulu tangkis

b. Piala Uber

Piala Uber adalah kejuaraan materi bulu tangkis internasional untuk nomor beregu putri yang diadakan setiap dua tahun sekali.

Nama kejuaraan ini berasal dari nama Betty Uber, mantan pemain bulu tangkis dari Inggris. Setiap tim peserta Piala Uber terdiri dari lima orang/pasangan (terdiri dari 3 tunggal dan 2 ganda).

c. Piala Sudirman

Piala Sudirman adalah kejuaraan bulu tangkis internasional yang mesi dicatat dalam materi bulu tangkis untuk nomor beregu campuran, mempertandingkan nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Kejuaraan ini digelar setiap dua tahun sekali. Nama Sudirman diambil dari nama tokoh perbulu tangkisan Indonesia, almarhum Dick Sudirman, salah satu pendiri PBSI.

2. Organisasi Bulu Tangkis

International Badminton Federation (IBF) didirikan pada tahun 1934 dan membukukan Inggris, Irlandia, Skotlandia, Wales, Denmark, Belanda, Kanada, Selandia Baru, dan Perancis sebagai anggota-anggota pelopornya yang tercatat dalam materi bulu tangkis.

Materi Bulu Tangkis Kelas 11

Materi Bulu Tangkis Kelas 11 biasanya meliputi peraturan permainan, teknik permainan dan cara menghitung skor. Berikut penjelasannya.

1. Peraturan Bulu Tangkis

Ada beberapa aturan dalam permainan bulu tangkis. Itu adalah

a. Kedua pemain mengisi dua bidang yang saling berhadapan.
b. Tentukan siapa yang mulai pertandingan.
c. Memulai servis dibagian kanan bidang permainan
d. Untuk pertandingan tunggal, pemain harus melakukan servis berdasarkan nilai. Bila ganjil, servis dilakukan di kiri, sementara genap di kanan.
e. Lama pertandingan berdasarkan skor. Artinya, siapa yang berhasil memenangkan skor 21 di setiap setnya, dinyatakan pemenang.

2. Teknik Permainan

Materi Bulu tangkis bukan sebuah permainan yang bisa dimainkan sealakadarnya. Ada beberapa teknis yang harus dikuasai oleh para pemain. Antara lain ialah :

A. Cara Memegang Raket

Ada teknik khusus agar bisa memegang raket yang baik. Umumnya ada 3 macam teknik memegang raket. Itu adalah

a. Pegangan Forehand

Pegangan forehand adalah pegangan dimana mendirikan raket yang sisinya tegak dengan lantai.

b. Pegangan Backhand

Teknik ini diperoleh dengan cara memutar seperempat ke kanan dari pegangan forehand.

c. Pegangan Amerika

Teknik ini diperoleh dengan menggenggam raket pada pegangannya sehingga bagian tangan antar ibu jari dan telunjuk menempel di permukaan yang kasar.

B. Pukulan Servis

Ada beberapa teknik servis yang biasa digunakan. Antara lain :

a. Pukulan servis pendek
b. Pukulan servis panjang
c. Pukulan servis mendatar
d. Pukulan servis cambuk

C. Pukulan Lob

Pukulan ini bertujuan untuk mengarahkan kok sejauh mungkin hingga mendekati garis belakang lawan. Ada beberapa teknik pukulan lob yaitu

a. Overhead lob, yaitu pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan shuttlecock melambung ke arah belakang.
b. Underhand lob, yaitu pukulan lob yang dilakukan dari bawah dengan cara memukul shuttlecock yang berada di bawah badan dan di lambungkan tinggi ke belakang.

3. Peraturan Skor

a. Dalam permainan bulu tangkis yang tercatat di materi bulu tangkis, dalam nomor ganda ataupun tunggal, terdiri atas 21 angka, seperti yang telah ditentukan sebelumnya. Misalnya saja kedua belah pihak dapat angka sama yaitu 20-20, maka selisih poin harus 2.

b. Pertandingan dalam materi bulu tangkis, nomor tunggal maupun nomor ganda, terdiri dari 2 set. Jika tim Anda memenangkan 2 set langsung, maka tentu saja tidak akan ada tambahan set ketiga.

Jika tim Anda menang pada set pertama dan kalah pada set kedua, maka ada tambahan satu set yang biasa disebut rubber game. Set ketiga adalah set penentuan di mana yang menang pada set ketiga berarti keluar sebagai pemenangnya.

Demikianlah artikel seputar materi bulu tangkis. Semoga, dengan tulisan ini bisa menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *