Kesan dan Pesan untuk Sekolah SMA/SMK Singkat

Bagi Kamu siswa-siswi sekolah yang sudah memasuki tahap-tahap akhir, biasanya akan diberi tugas untuk membuat atau mengumpulkan tulisan singkat tentang kesan dan pesan untuk sekolah.

Memang biasanya tugas ini diberikan kepada siswa kelas IX (SMP) atau XII (SMA) yang menjelang kelulusan. Jadi sebelum meninggalkan sekolah karena belajar yang dianggap sudah tuntas, Kamu bisa memberikan sesuatu kepada sekolah yang harapannya membuat instansi tersebut semakin baik ke depannya.

advertisement

Pengertian dari Kesan dan Pesan

kesan dan pesan untuk sekolah singkat bagus unik lucu

Sebelum memabahas lebih jauh tentang apa itu kesan dan pesan untuk sekolah, tak ada salahnya kalau terlebih dahulu Kamu mengerti apa itu kesan dan begitu pula pesan. Serta bagaimana keduanya bila dibuat oleh seorang siswa dan ditujukan untuk sekolah yang akan ditinggalkan.

Tentu saja, dengan memahami pengertiannya, Kamu bisa membuat kalimat kesan dan pesanmu agar menjadi lebih mengena dan bermakna

Pengertian Kesan

Kesan adalah rasa dan pikiran yang muncul saat seseorang melihat atau mendengar sesuatu. Atau bisa juga dikatakan bahwa kesan merupakan pendapat seseorang terhadap sesuatu yang merupakan hasil perasaan dan pikirannya.

Pengertian Pesan

Sementara pesan merupakan penyampaian dari permintaan, saran ataupun kritik yang diarahkan pada orang lain. Jadi pesan bisa menjadi media penyalur buah pikiran dan perasaan setelah menerima kesan tersebut.

Berdasarkan kedua pengertian kesan dan pesan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa kesan dan pesan bisa menjadi sebuah kesatuan yang kronologis.

Kalau Kamu mendapat tugas membuat kesan dan pesan yang ditujukan untuk sekolah, maka jelas, Kamu harus mengakui apa-apa saja yang Kamu rasakan atau pikirkan saat berada di sekolah.

Kemudian menyampaikan pendapatmu sesuai hasil pikiran atau perasaan entah itu sekedar apresiasi, kritik ataupun saran bagi sekolah.

Bagaimana Biasanya Kesan dan Pesan ini Didokumentasikan?

Kelulusan merupakan hal yang seharusnya berkesan dan menjadi pengalaman berharga bagi seorang siswa.

Sekolah pun menghargai hal ini dengan memfasilitasi muridnya yang telah menjadi bagian dari keluarga besar mereka untuk memberikan sumbangsih berupa pesan-pesan yang berarti.

Setiap ungkapan perasaan dan pikiran lulusan sangatlah berarti bagi sekolah yang ingin terus mengevaluasi diri agar menjadi lebih baik.

Untuk itu, dokumentasi tentang kesan dan pesan dari murid biasanya tak hanya disimpan oleh guru yang menugaskan saja, tetapi juga dibukukan secara khusus.

Tentu Kamu pernah melihat  album kenangan sekolah ataupun buku kelulusan milik kakak atau salah satu temanmu. Nah pada buku itu pulalah kesan dan pesan akan diabadikan bersama dengan foto siswa yang membuat kalimatnya.

Uniknya lagi, tak jarang pesan dan kesan buku kenangan wisudainijustru berisi hal-hal lucu. Tak sedikit orang yang merasa malu atau tersenyum kecil saat membaca kalimat kesan dan pesannya yang tercetak di buku kenangan.

Apapun itu, jangan sampai kalimat kesan dan pesan yang Kamu buat terlalu sederhana tanpa meninggalkan makna atau apapun.

Contoh Ungkapan Kesan dan Pesan yang Ditujukan bagi Sekolah

Nah daripada Kamu membuat pesan kesan yang sekedar begitu saja, bukankah lebih baik jika kalimat kesan dan pesanmu nantinya bisa bermanfaat?

Masalahnya, Kamu mungkin kesulitan menentukan apa yang perlu diangkat sebagai kesan dan bisa menghasilkan pesan yang mengena. Well, untuk bisa menemukan ide seperti itu, Kamu mungkin perlu membuat daftar catatan tentang apa-apa saja yang perlu Kamu komentari.

Tapi jangan khawatir, karena kali ini ada beberapa contoh kesan dan pesan untuk sekolah yang bisa jadi masukan buatmu nanti. Ya, Kamu bisa menerapkan sedikit modifikasi untuk menyesuaikan dengan kondisi sebenarnya yang Kamu alami. 

Kesan dan Pesan tentang Lingkungan Sekolah

Kesan: Berada di sekolah ini, saya merasakan lingkungan yang kurang terawat dengan baik mulai dari beberapa tanaman di sudut sekolah, beberapa bagian pagar yang sudah rusak hingga coretan-coretan di dinding. Area sekolah yang luas ini mungkin tak cukup terawat oleh kesadaran para siswanya. Bagaimanapun kenyamanan sekolah merupakan tanggung jawab bersama.

Pesan: Untuk membuat sekolah yang luas ini tetap nyaman untuk belajar, tak ada salahnya apabila sekolah mempertimbangkan untuk memperkerjakan lebih dari seorang penjaga sekolah. Selain itu sekolah juga bisa melakukan perawatan secara berkala terhadap bangunan dan lainnya.   

Kesan dan Pesan tentang Apresiasi terhadap Guru

Kesan: anyak sudah yang bisa saya dapat selama bersekolah di sini. Bahagia rasanya saat menyadari banyak hal yang dulunya tidak bisa kini menjadi bisa saya lakukan. Semuanya tak lain karena para guru yang telah begitu sabar dalam membimbing saya selama ini.

Pesan: Ke depannya, semoga sekolah ini bisa semakin berkembang dan meningkatkan kualitas pelayanannya. Saya juga ingin agar sekolah ini mampu bersaing dan meningkatkan diri utamanya pada bidang teknologi.

Kesan dan Pesan tentang Permohonan Maaf

Kesan: Tak ada kata terlambat untuk menyadari betapa besarnya jasa bapak ibu guru pengajar di sekolah ini bagi saya. Saya memang bukanlah murid yang sempurna, tetapi apa yang dilakukan oleh para guru membuat saya sadar akan potensi diri saya.

Pesan: Saya sadar, sudah banyak kesalahan yang saya lakukan dan menguji kesabaran. Untuk itu, saya mohon maaf. Semoga bapak ibu guru diberikan kesehatan dan kesejahteraan selalu agar senantiasa bijaksana menangani murid-murid seperti saya di kemudian hari.

Kesan dan Pesan yang Mendoakan Sekolah

Kesan: Apa yang dilakukan oleh sekolah ini saya rasakan sebagai wujud nyata dari doa-doa kepada Allah untuk senantiasa mendapatkan ridlo dan lindungan. Dan benar saja, Allah mengabulkan doa yang tulus dan disertai oleh usaha yang nyata.

Pesan: Kelulusan kami menjadi bukti jawaban Allah atas doa dan usaha yang telah kita semua lakukan. Selanjutnya, mari kita senantiasa memohon dan melakukan segalanya sebaik mungkin demi kemajuan sekolah di hari depan. Aamiin.

Kesan dan Pesan tentang Ekskul Olahraga

Kesan: Di sekolah ini saya merasakan seperti apa rasanya memperjuangkan sesuatu dan merasa bangga atas hasil yang saya dapatkan. Ya, keberhasilan saya bersama teman-teman tak akan mungkin tercapai tanpa motivasi yang selalu diberikan oleh para pembimbing selama ini.   

Pesan: Harap fasilitas olahraga agar lebih diperhatikan mengingat dari jalur ini, banyak sudah generasi yang memiliki karakter dan mendapatkan kepercayaan diri untuk bersaing dengan sekolah lain yang jauh lebih maju.

Kesan dan Pesan tentang Menjaga Silaturahmi

Kesan: Begitu banyak kenangan yang mungkin tak akan pernah saya lupakan seumur hidup. Teman-teman, guru dan staf keluarga besar sekolah ini menghadirkan rasa kekeluargaan yang mengajarkan saya betapa banyak hal yang akan saya hadapi selanjutnya.

Pesan: Semoga tali silaturahmi diantara keluarga besar sekolah ini tetap terjaga hingga jodoh mempertemukan kita kembali. Semoga bapak ibu guru dan staf beserta teman-temanku semua selalu diberi kesehatan. Semoga kita bisa selalu bertegur sapa dimanapun berada.  

Contoh Pesan dan Kesan untuk Sekolah STM yang Singkat Lucu

kesan dan pesan untuk sekolah singkat bagus unik lucu
Kesan dan Pesan untuk Sekolah yang Unik dan Lucu
kesan dan pesan untuk sekolah singkat bagus unik lucu
Kesan dan Pesan untuk Sekolah Sttg Becanda sama Temen
kesan dan pesan untuk sekolah singkat bagus unik lucu
kesan dan pesan untuk sekolah singkat bagus unik lucu
Kesan dan Pesan untuk Sekolah anti Mainstream 😀
kesan dan pesan untuk sekolah singkat bagus unik lucu

Baca Juga:
Syarat Masuk Sekolah Kedinasan

Bagaimana, adakah salah satu diantara contoh kesan dan pesan untuk sekolah di atas yang mungkin bisa mewakili ide dan perasaanmu? Jangan ragu untuk merancang sendiri kalimat kesan dan pesan yang akan Kamu, adikmu, orang tuamu atau anakmu baca kelak. Semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *