7+ Jurusan SMK yang Bagus untuk Wanita

Mungkin ada diantara Kamu, siswi kelas IX yang masih bingung menentukan kemana melanjutkan pendidikan setelah lulus?

Jangan cemas, Kamu tidak sendiri karena nyatanya menenukan pilihan yang satu ini bisa cukup membingungkan, terutama kalau Kamu belum punya rencana sebelumnya.

advertisement

Pilihan saat ini antara lain SMA, MA atau SMK. Nah yang terakhir akan jadi pembahasan kali ini karena banyak juga jurusan SMK yang bagus untuk wanita yang sayang kalau sampai luput dari pertimbanganmu.  

jurusan SMK yang bagus untuk wanita perempuan

Sekilas tentang Pilihan Melanjutkan Sekolah ke SMK

Pastinya Kamu sudah tahu kalau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan sekolah lanjutan setelah tingkatan SMP yang setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) ataupun Madrasah Aliyah (MA) dan sederajat.

Apa yang membedakan SMK dengan pilihan sekolah menengah lain intinya adalah lulusannya lebih disiapkan untuk menghadapi dunia kerja.

Apabila SMA bersifat lebih umum, maka SMK lebih spesifik mempelajari materi yang berhubungan dengan suatu pekerjaan.

Kamu pun bakal dihadapkan dengan porsi praktikum yang lebih banyak dibanding teori. Tujuannya untuk melatih keterampilan yang memang lebih dibutuhkan dalam dunia kerja.

Dengan kata lain, menempuh pedidikan di SMK ini, Kamu akan lebih banyak mengasah skill dibanding mereka yang belajar di SMA.

Sama halnya dengan SMA, di SMK juga terdapat berbagai penjurusan, bahkan lebih banyak jumlahnya dibanding di SMA. Ada beberapa kelompok keahlian (bidang keahlian) yang juga dipisah menjadi program keahlian.

Sementara program keahlian sendiri juga masih dibagi lagi menjadi kompetensi keahlian (jurusan).

Dari penjelasan di atas, pastinya akan banyak sekali jurusan yang bisa dipilih sesuai cita-cita atau keinginanmu. Bagi para calon siswa laki-laki, umumnya mereka cenderung menyukai hal yang berbau teknik.

Meski begitu jurusan SMK yang bagus untuk wanita juga cukup banyak. Peluang kerja yang dijanjikan pun juga tak kalah menarik.

Setelah lulus dari SMK, Kamu yang sudah memiliki skill pastinya akan memiliki peluang survive yang lebih besar karena lebih banyak pilihan yang bisa dipertimbangkan.

Selain bisa langsung berwirausaha dan mampu menyerap tenaga kerja di sekitarmu, Kamu juga bisa melanjutkan study ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk itu, Kamu bisa memilih jurusan SMK yang bisa masuk STAN jika ingin meneruskan. 

Apapun tujuanmu nantinya, pastikan Kamu sudah mempertimbangkan dengan matang dan bukan sekedar ikut-ikutan. Nah, jika Kamu menginginkan masukan, ada beberapa pilihan jurusan yang mungkin layak untuk Kamu pertimbangkan saat ini antara lain; 

jurusan SMK yang bagus untuk wanita perempuan

Jurusan Pemasaran dan Bisnis Online

Harus diakui bahwa perkembangan teknologi saat ini semakin pesat yang bahkan telah mulai merubah wajah pemasaran barang dan jasa. Marketing semakin mengekspansi ranah digital dengan wujud website, blog, online shop dan media sosial yang diakses melalui smartphone dan laptop.

Bisnis pun mulai mengarahkan perhatiannya ke cara-cara pemasaran terbaru agar tak kalah bersaing. Mengikuti permintaan yang semakin tinggi dari waktu ke waktu, maka Kamu pun bisa memposisikan diri sebagai tenaga marketing yang handal di dunia digital.

jurusan SMK tata busana ideal bagi wanita

Jurusan Tata Busana

Tak jauh berbeda dengan kebutuhan akan tenaga pemasar yang handal di internet, peningkatan aktifitas jual beli produk pakaian pun juga membuat dunia fashion semakin berkembang.

Nah, pada jurusan Tata Busana ini, Kamu akan mempelajari segala hal tentang pakaian mulai dari pengetahuan bahan, dasar desain, pembuatan pola hingga berbagai teknik menjahit. Dengan begitu, Kamu bisa terlibat dalam produksi pakaian.

Outputnya adalah alumi jurusan tata busana bisa masuk ke pabrik dengan bayaran UMR atau bahkan kalau ada modal bisa membuka konveksi sendiri.

jurusan SMK tata busana ideal bagi wanita

Jurusan Desain Fashion

Lain lagi dengan Kamu yang saat ini memiliki minat dan bakat tentang menggambar dimana Kamu bisa mempertimbangkan jurusan Desain Fashion. Kamu bisa melihat sendiri bukan bahwa belakangan ini model pakaian semakin banyak varian dan kreasinya.

Permintaan pasar akan pakaian seperti ini pun seakan tak pernah surut. Maka dari itu, tepat sekali kalau Kamu memilih jurusan ini sebagai modal dasar persiapan Kamu masuk ke dunia desain ini.

Jurusn SMK yang bagus untuk wanita perempuan adalah Tata Boga

Jurusan Tata Boga

Jurusan yang satu ini memang identik dengan memasak dimana lulusannya bisa langsung bekerja di hotel dan restoran ataupun melanjutkan pendidikan sebagai juru masak dan sebagainya.

Namun yang juga perlu Kamu ketahui adalah, lulusan jurusan Tata Boga ini bukan hanya berakhir sebagai koki saja, sebab Kamu juga bisa berwirausaha lain di bidang kuliner. Dan karena makan menjadi kebutuhan primer, maka peluangmu untuk bersaing pun masih terbuka lebar.

jurusan yang bagus untuk wanita yaitu perhotlan dan restoran

Jurusan Hotel dan Restoran

Satu anggapan yang banyak keliru di kalangan masyarakat saat ini adalah lulusan SMK dari jurusan Hotel dan Restoran akan berakhir sebagai tukang beres-beres kamar atau jadi pelayan saja.

Anggapan ini tidak bemar karena nyatanya tak sedikit dari lulusan jurusan ini yang merasakan kesuksesan dan menikmati pekerjaan mereka sebagai front office hotel hingga manager sekalipun.

Bahkan dengan Indonesia yang masih menyimpan banyak destinasi di daerahnya, tak menutup kemungkinan kebutuhan tenaga di bidang ini akan terus bertambah seiring dengan infrastruktur yang semakin memadai.

Apabila domisili kamu berada di kota wisata seperti Bali, Yogjakarta, Bandung maka jurusan ini sangat prospektif. Bagaimana jika diluar daerah wiasata tersebut? selama ada keinginan dan misalnya mau merantau, itu bukan jadi soal.

jurusan smk yang bagus untuk perempuan di 10 tahun kedepan

Jurusan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut

Nah ini nih jurusan buat Kamu yang memiliki ketertarikan dengan kecantikan dan perawatan tubuh. Di jurusan ini, Kamu akan belajar tentang dasar anatomi dan fisiologi yang menjadi dasar berbagai macam perawatan kecantikan.

Peluangnya, tentu saja masih terbuka sangat lebar karena saat ini semakin banyak orang, tak peduli pria dan wanita, yang semakin peduli dengan kesehatan dan penampilannya. Tak harus selalu mereka yang tinggal di kota-kota besar, peminat perawatan pun juga semakin meluas dari berbagai kalangan.

Beberapa macam perawatan tubuh yang semakin ramai belakangan antara lain nail art dan rias wajah khusus dan kreatif, perawatan tangan dan kaki, perawatan wajah, body massage dan waxing.  

jurusan SMK yang bisa kerja di Bank
jurusan SMK yang bisa daftar STAN / kerja di Bank

Jurusan Akuntansi dan Keuangan

Mungkin bisa dikatakan bahwa ini adalah salah satu jurusan SMK yang bisa kerja di Bank karena i dalamnya memang terdapat materi tentang perbankan dan keuangan mikro.

Mengambil jurusan ini di SMK, Kamu akan banyak belajar tentang Tata Kelola Kepegawaian, Tata Kelola Keuangan Profesional dan berbagai materi terkait Perbankan dan Keuangan Mikro.

Tak hanya itu, Kamu juga akan harus siap untuk selalu dinamis bekerja dengan peralatan modern seperti penggunaan komputer, smartphone dan perangkat-perangkat pemorses lainnya.

Bagaimana, masih bingung memilih SMA atau SMK? Atau belum menentukan jurusan mana yang paling Kamu minati di SMK? Pilihan jurusan SMK yang bagus untuk wanita memang cukup banyak.

Maka dari itu, jangan tergesa-gesa sebab masih ada cukup waktu untuk memutuskan. Tak ada salahnya pula Kamu curhat ke kakak-kakak yang sudah duduk di bangku SMK untuk mengetahui seperti apa sebenarnya proses belajar mereka.

Baca juga:
Syarat Masuk Sekolah Kedinasan

Jika Kamu memikirkan tentang masa depan, maka biasanya setelah lulus SMKKamu akan lebih bebas memilih untuk lanjut kuliah atau langsung kerja berpenghasilan.

Atau kalau Kamu bisa berfikir out-of-the-box, Kamu juga boleh-boleh saja tuh memilih kedua opsi tersebut. Banyak mahasiswa yang tetap bisa fokus kuliah sambil mengelola bisnis. Kenapa Kamu tidak? 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *