Fungsi Trafo Lengkap Berdasarkan Jenis-jenisnya

fungsi trafo

FUNGSI TRAFO – Trafo adalah sebuah alat yang dapat memindahkan daya antara 2 kumparan dengan proses induksi elektromagnetik.

Trafo hanya mampu digunakan untuk  mengubah tegangan AC dengan mengganti tegangan AC dari tegangan atau voltase tertentu menjadi tegangan output yang diperlukan.

Tujuannya sendiri adalah meraih tegangan yang berbeda yang sesuai dengan alat yang akan dijalankan.

Fungsi Trafo tidak memiliki kemampuan untuk menstabilkan voltase atau tegangan. Voltase yang terdapat pada bagian kumparan output diubah sesuai dengan perubahan yang dilakukan pada tegangan primer. Jika voltase input naik, maka voltase outputnya juga akan ikut naik.

FUNGSI TRAFO

fungsi trafo

Mendistribusikan energi listrik dari tegangan rendah ke tegangan tinggi, pendistribusian ini berlangsung dalam frekuensi yang sama.

Fungsi transfo ini sebagai sistem komunikasi dimana transofrmator atau trafo digunakan sebagai frekuensi radio dan motor.

Selain Trafo diatas, sebenarnya masih banyak lagi fungsi lainnya yang bisa dikategorikan berdasarkan jenisnya. Itu adalah

PENGERTIAN TRAFO STEP UP

Menaikan trafo dari tegangan tertentu menjadi tegangan output yang lebih tinggi dari tegangan masuk adalah Trafo step up. Contohnya, trafo stepup 220 volt menjadi 380 volt. Jika bagian trafo input dimasukan tegangan 220 volt, maka bagian outpun akan menghasilkan tegangan 380 volt.

FUNGSI TRAFO STEP DOWN

Trafo stepdown ini merupakan trafo yang bekerja sebaliknya dari trafo step up. Trafo ini berguna untuk menurunkan tegangan.

PENGERTIAN TRAFO DAYA

Fungsi trafo daya adalah menyalurkan tenaga atau daya listrik dari tegangan tinggi ke tegangan rendah atau sebaliknya. Dalam operasi penyaluran tenaga listrik, benda ini dapat dikatakan sebagai jantung dari transmisi ke distribusi.

FUNGSI TRANFO CT

Trafo CT memiliki fungsi sebagai alat mengukur arus yang mengalir dalam sebuah rangkaian utama dalam pembacaan arus dalam aliran voltae tinggi dalam jaringan distribusi. Trafo CT yang lain adalah untuk melindungi peralatan karena CT punya lilitan sekunder yang dapat membuat arus yang mengalir jadi kecil dibandingkan arus yang mengalir pada primer.

FUNGSI TRAFO NON CT

Trafo non CT adalah sebagai power supply non simetris yang artinya bahwa power supply yang hanya mempunyai kutub positif dan negatif saja. Hal ini mengakibatkan agar pengaturan dayanya terfokuskan pada satu titik saja.

FUNGSI TRAFO PLN

Gardu trafo tiang adalah salah satu komponen instalasi tenaga listrik yang terpasang di jaringan distribusi dan sering digunakan oleh PLN. Fungsi trafo PLN ini sebagai trafo yang menurun tegangan dari tegangan menengah ke tegangan rendah agar tegangan tersebut dapat tersalurkan pada konsumen.

PENJELASAN TRAFO SWITCHING

Fungsi trafo swithcing adalah meningkatkan efisiensi kinerja dibanding trafo jenis lainnya. Seperti namanya, trafo jenis ini banyak digunakan pada power supply berteknologi switching dan bisa meninkgatkan efisiensi kinerja.

PENGERTIAN TRAFO ARUS

Trafo arus adalah sebagai alat listrik yang mengubah besaran listrik dari besar menjadi listrik. Ini berakibat sebagai pengukuran dan proteksi. Selain itu, trafo arus lain bisa menajdi isolasi dari tegangan pada sistem dengan alat ukur atau alat proteksi.

FUNGSI TRAFO LAS

Trafo las adalah penyebutan lain dari mesin las listrik. Fungsi trafo las  adalah sebagai alat yang digunakan untuk melakukan pengelasan baik di ruangan atau di luar, apabila mempunyai sumber listrik untuk menyalakan trafo tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *