Contoh Program Kerja OSIS SMP sebagai Pertimbangan

Kami ucapkan selamat kepada Kamu yang berhasil terpilih sebagai pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang baru dan selamat bertugas.

Contoh Program Kerja OSIS SMP

Nah untuk menjalankan tugasmu dengan baik selama masa jabatanmun nanti, wajar dong kalau Kamu menyiapkan berbagai materi selain halnya banyak bertanya kepada kakak-kakak pengurus OSIS lama.

Salah satu yang perlu Kamu pelajari dan persiapkan adalah contoh program kerja OSIS SMP agar Kamu punya gambaran yang akan dikerjakan nantinya.

Hal-Hal yang Ada Dalam Program Kerja OSIS

Oke, jadi saat ini Kamu mungkin sudah memegang dokumen program kerja yang menjadi pedoman oleh pengurus OSIS sebelummu. Nah, dalam dokumen tersebut ada banyak hal yang dijelaskan terkait OSIS, bagaimana mereka bekerja dan apa-apa saja yang akan dikerjakan.

Dengan menyimak contoh program kerja OSIS SMP milik pendahulumu, Kamu mungkin bisa menyesuaikan dengan visi misi yang dibawa oleh tim-mu saat ini.

Nah agar Kamu lebih mudah memahami isi dari dokumen program kerja tersebut, mari kita bahas tentang apa saja yang termuat dalam dokumen tersebut, mulai dari bagian pendahuluan sampai dengan lampirannya.

1. Pendahuluan

Bagian ini bisa dibilang sebagai intro yang menjelaskan tentang beberapa pikiran pokok yang meliputi latar belakang, dasar hukum, maksud dan tujuan, ruang lingkup hingga sistematika. Pendahuluan menjadi bab tersendiri dalam dokumen ini.

Berikutnya mari kita bahas masing-masing pikiran pokok tersebut;

manfaat dan tujuan OSIS smp mts sma smk MA

Latar Belakang

Bagian ini menjelaskan tentang alasan mengapa program kerja OSIS tersebut dibuat. Tentunya Kamu bisa mengawali penjelasan ini dengan paragraf tentang pentingnya OSIS bagi siswa dan bagaimana caranya agar berbagai kegiatan menjadi lebih terarah dan bisa mencapai tujuan.

Dasar Hukum

Kamu juga perlu menjelaskan tentang apa-apa saja yang menjadi dasar hukum pembuatan program kerja tersebut. Beberapa peraturan perundang-undangan dan putusan yang biasanya dicuplik antara lain UU tentang Sistem Pendidikan Nasional, Keputusan Mendikbud RI, Keputusan Dirjen Dikdasmen Depdikbud RI, Peraturan Pemerintah dan Keputasan Kepala Sekolah.  

Maksud dan Tujuan

Di bagian ini, Kamu menjelaskan tentang apa maksud dan tujuan dari pembuatan program kerja tersebut, yaitu dijadikan pedoman kerja dalam  melaksanakan berbagai kegiatan selama masa jabatanmu nantinya agar lebih terarah dan mampu mencapai tujuan yang ditetapkan.

Tambahkan pula bahwa dokumen tersebut merupakan salah satu upaya agar pengurus OSIS lebih termotivasi dalam giat kerja sehingga bisa memajukan kegiatan OSIS di SMP-mu.

Ruang Lingkup

Bagian ini menjelaskan tentang batasan-batasan dalam penysusunan program kerja tersebut. Jadi Kamu membatasi apa saja yang akan dibahas dalam program kerja ini nantinya pada beberapa hal saja.

Misalnya dari pelaksanaan dan evaluasi dari program OSIS tahun lalu, hanya membahas tentang rincian kegiatan,  jadwal kegiatan dan pembiayaan kegiatan OSIS saja.

Sistematika

Nah pada bagian sistematika ini, Kamu bisa menyajikan preview tentang bagaimana program kerja kerja tersebut disusun. Hasilnya, Kamu membuat daftar isi dari program kerja tersebut secara lengkap mulai dari Bab I hingga  yang paling akhir yaitu daftar lamppiran lengkap.

2. Isi

Setelah membahas tentang dasar pemikiran hingga daftar isi penulisan, selanjutnya Kamu bisa langsung ke inti utama dari dokumen program kerja OSIS.

Kamu akan membahas berbagai hal yang menjadi inti dari pembuatan dokumen ini. Yang akan dibahas biasanya meliputi keorganisasian dan anggaran.

Pengorganisasian

Bagian ini menyebutkan tentang struktur kepengurusan OSIS di era-mu. Jadi pada bagian ini Kamu bisa menjabarkan tentang daftar jabatan yang ada dalam struktur kepengurusan OSIS saat ini.

Bisa saja kan, ada perubahan struktur, misalnya penambahan atau penggabungan seksi bidang tertentu. Jadi bagian ini akan menjelaskan tentang hal tersebut. 

Daftar Struktur Pengurus OSIS

Kamu akan menjelaskan daftar pengurus OSIS yang umumnya terdiri atas ketua OSIS dan wakilnya, sekretaris juga dengan wakilnya dan bendahara sebagai pengurus inti.

Berikutnya ada pula sejumlah seksi bidang (sekbid) sesuai dengan yang ada saat ini. Beberapa sekbid ini diantaranya seksi bidang keagamaan, seksi bidang keterampilan dan kewirausahaan, seksi bidang kepribadian budi pekerti, seksi bidang olahraga, seksi bidang daya kreasi dan seni, seksi bidang teknologi dan informasi dan lain sebagainya. 

Rincian Tugas dan Tanggung Jawab Pengurus OSIS

Di bagian ini, Kamu menjelaskan tentang ugas dan tanggung jawab masing-masing pengurus OSIS mulai dari ketua, wakil ketua, sekretaris, wakil sekretaris, bendahara dan masing-masing seksi bidang.

Untuk mendapatkan rincian tugas dan tanggung jawab masing-masing jabatan, Kamu bisa melihat pada program kerja OSIS pendahulumu atau mencari contoh program kerja OSIS SMP yang lain.

Kamu juga bisa menjelaskan tentang macam-macam program kerja jangka panjang dan jangka pendek yang ada di masing-masing seksi bidang.

struktur organisasi osis

Rencana Pendapatan Belanja OSIS

Seperti halnya organisasi lain, OSIS juga perlu menerapkan perencanaan terhadap anggaran. Disini kamu akan membahas tentang darimana sumber pendapatan organisasi dan untuk apa saja pendapatan tersebut dibelanjakan. 

Pendapatan

Pada bagian ini, Kamu bisa menjelaskan tentang darimana saja sumber dana yang diterima oleh OSIS. Pada umumnya, sumber dana untuk berbagai kegiatan OSIS ini didapat dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) lengkap dengan estimasi jumlahnya.   

Belanja

Selanjutnya, jumlah dana yang disebutkan dalam bagian pendapatan di atas bisa Kamu jelaskan penggunaannya. Jadi pada bagian Belanja ini, Kamu akan menjelaskan bahwa nominal tersebut rencananya akan didistribusikan ke setiap bidang kegiatan OSIS yang ada.

Bisa dikatakan bagian ini adalah rincian untuk apa saja uang yang didapat OSIS tersebut digunakan.

Selain itu, bagian ini juga menjelaskan tentang apa saja yang diperhatikan dalam menentukan alokasi dana tersebut antara lain

  • Masukan berdasar Daftar Isian Program (DIP) dari para pembina bidang kegiatan
  • Penyesuaian skala prioritas berdasarkan rencana kegiatan
  • Penyesuaian dengan perkiraan dana yang dikumpulkan dari iuran

Berikutnya, Kamu juga akan merinci pendistribusian dana OSIS tersebut sesuai dengan pos-pos pengeluaran yang telah ditentukan meliputi berbagai pengeluaran seksi bidang dan sebagainya. 

3. Penutup

Sampailah Kamu pada bagian ujung dari dokumen dimana untuk mengakhirinya Kamu bisa membuat simpulan dan masukan atau saran yang diajukan bagi pembaca.

Tentunya orag yang akan membaca dokumen tersebut memiliki kepentingan dengan OSIS, maka dari itu tak ada salahnya pula Kamu  menambahkan ide dan gagasan tertentu.

Kesimpulan

Sesuai namanya, bagian ini merupakan penyebutan kembali dari tujuan pembuatan dokumen. Di sini Kamu juga harus menyebutkan bahwa dokumen tersebut didasarkan pada aspirasi siswa.

Input aspirasi tersebut telah disepakati bersama , untuk mewujudkannya dibutuhkan dukungan dari keluarga besar SMP-mu. Jadi dokumen tersebut bukan karanganmu sendiri, melainkan dibuat berdasarkan proses.

Sampaikan pula permohonan maklum apabila dalam pembuatan dokumen tersebut mungkin masih terdapat kekurangan dan ketidaksempurnaan lainnya. Terakhir, ucapkan terima kasih pada semua yang telah membantu.

Saran 

Mungkin tak ada salahnya Kamu menambahkan beberapa saran yang harapannya bisa mempermudah OSIS dalam mencapai targetnya. Ya, karena besar kemungkinan dokumen program kerja ini akan dibaca oleh para pelaksana dan pengurus OSIS.

Jadi tak ada salahnya memberikan saran kepada para pembaca terkait, misalnya agar bersedia melaksanakn tugas sesuai tanggung jawab dan sebagainya.

Baca Juga:
Syarat Masuk Sekolah Kedinasan

Daftar Lampiran

Biasanya hal yang dimuat dalam lampiran ini meliputi daftar nama para pengurus OSIS dan lain sebagainya yang memang digunakan dalam program kerja tersebut. Bagaimana sudah memiliki gambaran untuk menyusun sendiri program kerja OSIS-mu? Semoga dengan pembahasan di atas, Kamu bisa membuat program kerja yang benar-benar relevan dan bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *