Inilah 7 Cara Mencabut Akar Kutil yang Terbukti Efektif

cara mencabut akar kutil

Munculnya kutil sebenarnya bisa diatasi sendiri hanya saja pastikan dulu sudah paham cara mencabut akar kutil dengan benar. Sebab kutil yang tumbuh di permukaan kulit ini memang bisa diatasi dengan dicabut hanya saja harus sampai ke akarnya.

Tujuanya agar kutil yang sama tidak tumbuh kembali di area tersebut, yang tentunya akan semakin banyak dan butuh waktu lama untuk mengatasinya.

Mengenal Kutil di Permukaan Kulit

cara mencabut akar kutil

Kutil termasuk ke dalam jenis masalah kesehatan pada kulit dan ditunjukan oleh munculnya benjolan bertekstur kasar. Benjolan ini akan berwarna gelap umumnya ungu kebiruan yang teksturnya kasar dan terasa mengganggu.

Pada beberapa kondisi tumbuhnya kulit ini diikuti dengan rasa perih, namun jangan asal digaruk apalagi dicabut. Wajib paham dulu cara mencabut akar kutil yang benar agar bebas efek samping.

Penyakit kulit ini memang sering dialami oleh banyak orang meski begitu bukan berarti disepelekan sebab bisa menyebabkan pertumbuhan sel kanker.

Terutama kutil yang terlalu sering disentuh maka berpotensi menjadi kanker ganas dan semakin berbahaya. Baiknya ditangani dengan tepat, takut ditangani sendiri bisa menemui dokter kepercayaan Anda.

Penyebab Kutil Bisa Muncul

cara mencabut akar kutil

Pada dasarnya penyakit kulit bernama kutil ini disebabkan oleh serangan virus HPV atau Human Papiloma Virus sehingga cukup berbahaya. Virus ini akan menginfeksi atau menyerang lapisan kulit manusia sehingga menyebabkan produksi keratin mengalami peningkatan.

Keratin adalah jenis protein keras sehingga bintil atau kutil yang muncul cenderung agak keras hampir mirip dengan tai lalat.

Meskipun ada cara mencabut akar kutil yang bisa dilakukan sendiri namun jangan asal dilakukan karena bisa jadi ada efek sampingnya. Apalagi penyebab kutil ini adalah virus yang tentu berbahaya dan mudah menular.

Umumnya penularan kutil karena melakukan kontak langsung yakni kulit bertemu kulit dengan penderita. Namun tidak menjamin kontak langsung ini bisa memicu munculnya kutil, sebab kembali lagi kepada kondisi daya tahan tubuh.

Gejala Munculnya Kutil

cara mencabut akar kutil

Meskipun bukan penyakit yang berbahaya namun kutil yang terus tumbuh bisa memiliki akar yang cukup dalam di bawah permukaan kulit.

Tidak menutup kemungkinan bisa semakin membesar dan memicu pertumbuhan sel kanker yang berbahaya dan sulit untuk dikendalikan. Maka kenali gejalanya untuk kemudian segera diobati atau diperiksakan ke dokter langganan.

Munculnya kutil ditandai dengan munculnya bintil berwarna gelap dan berukuran kecil, awalnya mungkin hanya dianggap bentol biasa karena digigit serangga.

Namun kutil yang disebabkan virus HPV ini bisa tumbuh, bintil tadi bisa berbentuk bulat mirip tai lalat namun bisa pula memanjang. Beberapa kutil nampak keras dan kaku akan tetapi ada juga yang cenderung tipis dan lembek.

Adapun diameter dari kutil ini beragam namun rata-rata antara 0.1 hingga 1 sentimeter yang tentu bisa semakin banyak. Kutil sendiri muncul di permukaan kulit bagian manapun meski lebih sering dijumpai di bagian tubuh yang terlipat.

Misalnya di leher, pundak, ketiak, bahkan buku-buku jari kaki maupun pada tangan. Uniknya kutil ini bisa tumbuh dimana saja jadi jangan asal mempraktekan cara mencabut akar kutil yang berasal dari sumber tidak jelas.

Pengobatan Kutil

Sebenarnya sebagian besar kasus kutil ini bisa membaik dengan sendirinya, jadi akan menghilang tanpa Anda sadari.

Maka setidaknya sebelum mencoba cara mencabut akar kutil yang Anda temukan di internet atau atas anjuran teman. Cobalah bersabar untuk membiarkanya selama beberapa minggu, bisa jadi malah sembuh dengan sendirinya.

Apabila merasa terganggu dengan kutil yang muncul dan tidak sabar menunggu penyakit kulit ini sembuh sendiri. Maka opsional pertama adalah mengoleskan salep ataupun menemplelkan plester yang mengandung asam salisilat.

Penggunaan salep lebih disarankan dan akan lebih baik lagi jika berdasarkan resep dokter sehingga bisa sembuh dengan cepat dan tidak meninggalkan bekas.

Mencabut Akar Kutil

Opsional alami yang bisa dilakukan untuk mengobati kutil tentu saja dengan mempraktekan cara mencabut akar kutil yang baik dan benar. Rupanya mencabut kutil sampai ke akarnya tidak bisa sembarangan, namun beberapa cara di bawah ini bisa dicoba:

1. Memilih melakukan kuret

Ada beberapa metode mencabut akar kutil dengan metode medis sehingga Anda perlu datang ke klinik atau rumah sakit.

Salah satu metode yang sering diambil untuk mencabut akar kutil adalah melakukan kuret. Proses membedah kulit yang terkena kutil kemudian mencabut kutil tersebut, sehingga meninggalkan bekas luka.

2. Memilih tindakan Electrosurgery

Selain dibedah, proses mencabut akar kutil secara medis juga bisa memakai opsional lain yang lebih canggih. Salah satunya adalah metode Electrosurgery yakni menyuntikan cairan nitrogen di dalam kutil supaya membeku.

Dalam hitungan hari kutil ini akan terkikis dengan sendirinya karena sudah beku dan mengeras. Otomatis tidak meninggalkan bekas luka karena tidak dibedah.

3. Metode medis sinar laser

Tindakan medis lain yang juga bertujuan mencabut akar kutil adalah dengan sinar laser, metode ini diawali dengan membakar akar kutil memakai sinar laser.

Namun menjadi tindakan medis yang paling akhir ditawarkan dokter, setelah opsional cara mencabut akar kutil di atas tidak memungkinkan untuk dilakukan.

4. Memanfaatkan daun dewa

Selain tindakan medis untuk mencabut akar kutil juga bisa secara alami, salah satunya memanfaatkan daun dewa. Jika tidak susah mendapatkan herbal satu ini silahkan ambil sekitar 5 lembar kemudian ditumbuk.

Hasil tumbukan yang sudah halus ditempelkan ke kutil dan diamkan, lakukan secara teratur sampai kutil hilang.

5. Mencoba kemampuan baking soda

Baking soda memang tak hanya dipakai untuk membuat aneka kue dan roti namun bisa dipakai untuk mengatasi masalah kulit. Pasalnya baking soda ini mengandung sifat anti bakteri yang efektif mengatasi kutil yang disebabkan virus HPV.

Terutama di area jari dengan cara menaburkanya tipis-tipis di area berkutil, lalu bersihkan memakai lap ataupun memakai air. Lakukan secara rutin sampai kutil mengecil atau hilang dengan sendirinya.

6. Mempergunakan bawang putih

Rempah bwang putih juga memiliki sifat anti bakteri yang bisa dipakai untuk mengatasi kutil. Silahkan menumbuk satu atau beberapa siung bawang putih sesuai kebutuhan lalu oleskan ke kulit yang ditumbuhi kutil.

Bungkus dengan plester dan didiamkan, lakukan secara teratur maka kutil akan bersih dengan sendirinya.

7. Memanfaatkan kulit pisang

Kulit pisang ternyata bukan sampah biasa sebab bisa dipakai untuk mengobati kutil secara alami dan tercabut sampai ke akarnya. Caranya cukup menggosokan kulit pisang di kutil yang muncul kemudian lakukan setiap hari supaya kutil segera bersih dan tidak mudah kembali.

Kutil merupakan masalah kulit yang mudah dialami siapa saja namun jika mengganggu Anda bisa segera mengobatinya.

Bisa menghubungi dokter ataupun mencoba bahan alami yang disebutkan di atas, pastikan paham dulu cara mencabut akar kutil baru dipraktekan agar tidak keliru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *