Cara Membuat Paludarium Budget Minim

Cara membuat paludarium pada dasarnya hampir sama dengan pembuatan aquascape. Karena keduanya sama-sama dibuat dalam satu kotak kaca transparan dan tertutup yang sering disebut dengan akuarium. Karena kesamaannya, banyak yang menyebut paludarium sebagai saudara dekat aquascape.

cara membuat paludarium tank medium
cara membuat paludarium tank medium

Perbedaan mendasar pembuatan paludarium dan aquascape terletak pada proporsi air dan miniatur daratan yang dimasukkan ke dalam aquarium.

Pada aquascape, media air yang digunakan hampir memenuhi semua ruang dalam akuarium. Kemudian dilengkapi dengan miniatur daratan yang terendam seluruhnya di dalam air tersebut.

Sementara pada paludarium, media airnya hanya diisikan maksimal setengah bagian dari akuarium. Dan miniatur daratannya terlihat lebih tinggi. Hanya bagian bawahnya saja yang terendam air. Bagian atas dari miniatur daratan tersebut terlihat tinggi menjulang sampai memenuhi tinggi aquarium.

cara membuat paludarium model bonsai
cara membuat paludarium model bonsai
cara membuat paludarium model bonsai

Paludarium atau yang biasa disingkat dengan palud merupakan gabungan antara daratan dan perairan. Atau istilah kerennya adalah kombinasi antara terrarium dan aquascape.

Dalam sebuah palud, Anda bisa menemukan tanaman darat dan tanaman air dengan fokus utamanya adalah tanaman darat. Sementara tanaman airnya berfungsi sebagai pemanis dengan proporsi yang lebih sedikit.

cara membuat paludarium model air terjun
cara membuat paludarium model air terjun
cara membuat paludarium model air terjun

Jika dibuat dengan alat lengkap dan menggunakan tanaman tropis asli, maka pembuatan palud akan menghabiskan banyak biaya. Tapi, ini bisa disiasati. Bagaimana caranya?

Begini cara membuat paludarium dengan harga murah dengan hasil mewah

Untuk membuat palud yang hemat biaya, berikut ini langkah mudahnya:

cara membuat paludarium
cara membuat paludarium untuk pemula

Cerdas dalam menentukan tema paludarium

Pemilihan tema paludarium yang tepat bisa menekan pemakaian biaya. Sebab setiap tema memiliki detailnya sendiri. Sementara setiap detail itu pasti butuh biaya masing-masing.

Beberapa tema yang biasanya diterapkan pada palud adalah tema pinggiran sungai, pantai, dan rawa. Bahkan, ada yang membuat tema air terjun.

Dalam pembuatan palud, tema yang dipilih berarti mencerminkan miniatur dari lokasi aslinya. Sebagai contoh, ketika kita memilih membuat miniatur pantai, maka air yang dimasukkan dalam akuarium nanti adalah air laut. Sehingga ikan yang dimasukkan dalam palud bisa hidup sesuai dengan habitat aslinya.

Maka dari itulah memilih tema sederhana adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin irit biaya.

Memilih filtrasi paludarium dengan tepat

Untuk mendapatkan palud yang indah, bening, dan bersih, pilihlah filtrasi yang sesuai dengan desain palud tersebut.

Jenis filtrasi yang umum digunakan adalah sump yang diletakkan di bagian bawah, undergravel, dan canister. Agar bisa menekan biaya, sistem filtrasi yang bisa dipilih dan disarankan adalah UGF atau undergravel.

Undergraver filter
Mekanisme Sistem Filter UnderGravel

Undergravel filter memenuhi syarat penting dari sebuah filtrasi. Yaitu efektivitas dan kemudahannya dalam hal perawatan. Proses perawatan yang ribet tak hanya akan menyulitkan, tetapi juga membutuhkan banyak pengeluaran.

Gunakan tanaman paludarium di sekitar

Salah satu solusi supaya bisa menciptakan palud yang murah adalah dengan memanfaatkan tanaman di sekitar.

Asal tema yang kita pilih tak jauh dari konsep di lingkungan sekitar, maka pemilihan tanaman paludarium di sekitar juga bisa dilakukan dengan mudah.

tanaman paludarium disekitar kita
tanaman paludarium disekitar kita

Tanaman pada palud biasanya terdiri dari tiga jenis utama, yakni tanaman darat, tanaman air, dan tanaman epifit.

Berikut adalah contoh tanaman di sekitar yang bisa dimanfaatkan dalam pembuatan palud:

  1. Lumut (sebagai pengganti tanaman laut)
  2. Tumbuhan menjalar (sebagai pengganti tanaman darat)
  3. Tanaman pakis (sebagai pengganti tanaman epifit atau paku-pakuan)

Jika ingin perfeksionis atau mau pakai tumbuhan dan tanaman khusus daerah tropis, maka biaya yang keluarkan tidak akan sedikit. Jadi, terserah mau memprioritaskan yang mana, sempurna atau biaya?

Tentukan desain hardscape

Desain hardscape yang ada dalam palud terdiri dari 2 jenis, yakni relief dinding dan tanpa dinding.

cara membuat paludarium konsep hardscape
cara membuat paludarium konsep hardscape

Fungsi relief dinding dalam desain hardscape palud tak hanya sebagai hiasan. Tetapi juga sebagai media tanam. Relief ini sangat cocok untuk diterapkan pada tema air terjun mini. Fungsi relief dinding dalam tema ini adalah sebagai objek utama yang akan membuat tampilan akuarium menjadi lebih natural.

Jika ingin mencoba cara membuat paludarium yang minim biaya dan hasil memesona, maka relief dinding ini sangat direkomendasikan. Anda hanya perlu meluangkan lebih banyak waktu untuk mengerjakan setiap detail relief tersebut dengan teliti dan sabar.

Berbeda dengan relief dinding, relief tanpa dinding menggunakan ranting kayu sebagai objek utama. Untuk membuat kesan yang natural, di atas ranting kayu tersebut ditempeli lumut-lumut hijau. Kemudian ditambahi dengan beberapa tanaman untuk membentuk konsep hutan yang rindang dan hijau.

Untuk memudahkan dalam pembuatan desain hardscape, sebaiknya buatlah sketsa desain terlebih dahulu sebelum menerapkannya dalam wadah secara langsung.

Perbedaan paludarium dan terrarium

Paludarium dan terrarium sama-sama menjadi bagian dari vivarium. Vivarium sendiri wadah buatan yang tertutup dan transparan yang digunakan untuk merawat hewan. Vivarium biasanya dibentuk menyerupai habitat asli dari hewan yang akan dirawat.

Selain palud dan terrarium, dalam vivarium kita juga mengenal akuarium / aquascape dan insektarium.

Akuarium/aquascape digunakan untuk merawat hewan yang berhabitat di air saja. Sementara insektarium, sesuai dengan namanya, digunakan untuk merawat serangga. Lantas bagaimana dengan palud dan terrarium?

Terrarium secara khusus didefinisikan sebagai vivarium yang digunakan untuk merawat hewan yang berhabitat di darat. Ukuran terarium biasanya kecil menggunakan tank ukuran mini. Sedangkan paludarium digunakan untuk merawat hewan yang berhabitat di darat dan air, bahkan udara.

Dengan demikian, palud merupakan seni untuk menyatukan air, darat, dan udara dalam satu kotak kaca transparan yang tertutup. Jadi, cakupan palud lebih luas dibanding terrarium.

contoh terarium

Hewan yang bisa dimasukkan dalam palud sangat beragam, mulai dari ikan, reptil, amfibi, burung, dan serangga.

Sedangkan flora dan fauna yang dimasukkan dalam terrarium hanya berkisar pada area darat saja. Salah satu contoh hewannya adalah reptil.

Baca juga:
10 Tanaman Aquascape di Sawah yang Mudah Perawatannya

12 Tanaman Aquascape Di Sekitar Kita yang Mudah Diperoleh

Kesimpulannya, pemakaian biaya dalam cara membuat paludarium bisa ditekan hanya jika kita bisa memilih tema dengan benar, memanfaatkan tanaman dan hewan di sekitar, dan mau teliti serta sabar saat proses pembuatan.

Dan jangan lupa untuk memberi pencahayaan yang benar. Sebab pencahayaan yang tepat bisa memberikan tampilan paludyang indah di siang dan malam hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *