Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina

Artikel kali ini akan membagikan informasi mengenai cara membedakan pleci jantan dan betina. Sebelumnya sudah tahu belum apa itu burung pleci? Nah, burung pleci atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Zosteropsini merupakan salah satu jenis burung kicauan yang cukup digemari oleh para pecinta burung kicau dikarenakan suaranya yang khas dan merdu.

Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina

Di Indonesia sendiri burung pleci ini dikenal dengan nama burung kacamata. Disebut demikian karena terdapat lingkaran putih di sekitar matanya yang terlihat seperti sedang memakai kacamata.

Burung pleci biasa ditemukan di daerah Asia khususnya di wilayah Indomalaya dan Australia bagian Utara, dan juga terdapat di daerah Tropika Afrika. Burung ini merupakan jenis hewan pemakan serangga, hal ini dapat dilihat dari bagian bentuk paruh yang dimiliki oleh burung pleci.

Biasanya burung pleci diikutkan dalam perlombaan dan tidak sedikit yang hanya memeliharanya sebagai hiasan di rumah karena sangat mudah untuk dipelihara. Sangat cocok bagi para pecinta burung pleci, apalagi bagi mereka yang tertarik untuk mengembang biakannya dikarenakan pemeliharaannya yang sangat mudah begitupula perkembangbiakannya.

Burung ini juga sangat mudah ditemukan karena cukup banyak orang yang memeliharanya. Harganya juga cukup terjangkau dengan kualitas kicau yang nyaring dan merdu yang menjadi salah satu daya tarik pecinta burung pleci untuk membelinya.

Adapun ciri khas dari burung ini ialah memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil dengan rata-rata panjang tubuhnya sekitar 11 cm, juga memiliki ciri khas dari warnanya yakni terdapat warna putih dan abu-abu pada bagian perutnya. Adapun keseluruhan badannya memiliki warna kuning atau kecoklatan. Disekitar matanya terdapat lingkaran putih, dan dibagian ekornya berwarna hitam.

Para pecinta burung pleci terlebih yang masih pemula tentunya memiliki kebingungan mengenai bagaimana cara membedakan pleci jantan dan betina. Nah berikut kami sajikan perbedaan-perbedaan antara pleci jantan dan betina agar kedepannya tidak salah dalam memilih.

Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina

Kemampuan membedakan pleci jantan dan betina memang merupakan sesuatu hal yang sangat penting bagi para pecinta burung pleci. Sebab, jika dapat membedakan jenis kelaminnya maka akan lebih mudah menentukan burung yang mana yang akan diikutkan dalam kontes kicau burung sebab hanya burung pleci jantan yang memiliki kicauan yang merdu.

Berikut hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengetahui perbedaan antarapleci jantan dan betina:

1 Kepala Burung Pleci

Perhatikan bagian kepala burung pleci, jika kepalanya terlihat bulat dan besar berarti burung tersebut jantan sedangkan betina memiliki kepala yang terlihat lebih kecil.

2 Bentuk Ekor Burung Pleci

Jika pada ekor burung pleci memiliki ukuran yang cukup panjang dibandingkan betina dan pada umumnya memiliki bentuk ekor yang lancip pada bagian ujungnya dan biasanya membentuk huruf “V”. Adapun burung pleci betina memiliki bentuk ekor yang pendek serta memiliki bentuk ekor yang pendek serta memiliki bagian ujung yang rata.

3 Bentuk Paruh Burung Pleci

Cara yang lain untuk mengetahuinya ialah dengan memerhatikan bentuk paruh pada burung pleci. Jika bentuk paruhnya agak pendek dan gempal berarti burung pleci tersebut berjenis kelamin jantan, sebaliknya jika memiliki ukuran yang terlihat panjang dan ramping maka burung pleci tersebut berjenis kelamin betina.

Adapun cara yang lain untuk mengetahui perbedaan antara pleci jantan dan betina ialah:

  1. Klep dibagian mata burung pleci putus-putus dan terlihat tebal dibagian bawah untuk yang jantan, sedangkan klep pada bagian mata burung pleci betina tidak terputus dan terlihat tebal.
  2. Warna bulu burung pleci jantan terlihat lebih tajam dibandingkan burung pleci betina yang terlihat lebih kusam.
  3. Burung pleci jantan memiliki warna hitam pada bagian tenggorokan sebelah kanan dan kiri sedangkan burung pleci betina memiliki warna merah mudah pada tenggorokannya.
  4. Dubur atau pen burung pleci jantan lebih panjang dan memiliki banyak bulu disekitarnya sedangkan betina terlihat lebih kecil serta bulu disekitarnya lebih sedikit.
  5. Ukuran badan burung pleci jantan lebih panjang dibandingkan burung pleci betina yang bulat dan pendek.

Cara Merawat Burung Pleci

Burung pleci merupakan salah satu burung yang mudah dalam perawatan sehari-harinya. Untuk jenis makanan yang diberikan cukup bervariasi, bisa dengan Ronggolawe yang berkualitas dan kaya akan vitamin dan nutrisi sari buah-buahan.

Bisa juga dengan serangga kecil seperti kroto atau ulat hongkong dan madu. Jika makanan yang diberikan sudah sesuai maka kicauan yang dihasilkan jauh lebih merdu. Olehnya itu ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk merawat burung pleci, tentunya dengan membedakan cara merawat burung plecidewasa dan anakan.

Cara Merawat Burung Pleci Dewasa

Merawat burung pleci agar senantiasa sehat dan berkualitas yang nantinya dapat menghasilkan suara yang merdu dan selalu berkicau membutuhkan perhatian yang intensdari pemiliknya.

Salah satu hal yang sangat penting dilakukan ialah dengan menjaga makanannya. Burung ini diketahui memiliki selera makan yang cukup tinggi dan tidak sembarang makan yang bisa diberikan padanya. Baisanya burung pleci mengonsumsi buah-buahan seperti pepaya, pisang gepok, dan lainnya.

Dibawah ini merupakan beberapa cara merawat burung pleci:

  1. Menggantung sarangnya diantara sarang burung pleci lainnya
  2. Rutin melakukan pengembunan sarang setiap pagi
  3. Melatihnya secara teratur
  4. Rutin melakukan pemasteran
  5. Rutin memandikannya
  6. Memberikan pakan tambahan
  7. Membawa burung pleci jalan-jalan
  8. Mengistirahatakan burung pleci.

Cara Merawat Anak Burung Pleci

Cara merawat burung pleci tidak selalu sama antara yang dewasa dan anak burung. Merawat anak burung pleci tidak boleh sembarangan dan memiliki cara tersendiri agar dapat tumbuh sehat dan berkualitas.

Merawat anak burung pleci membutuhkan kesabaran dan kehati-hatian yang lebih dibandingkan yang dewasa, sebab harus memberi makan secara rutin agar anak burung pleci tidak kelaparan dan jangan sampai makanan yang diberikn juga terlalu banyak karena keduanya dapat menyebabkan matinya anak burung pleci.

Maka dari itu diperlukan takaran yang pas saat memberi makan untuk anak burung pleci, seperti memberi makan setiap dua jam sekali dan memberikan asupan vitamin.

Cara Ternak Burung Pleci

Oleh karena semakin maraknya kontes-kontes burung kicau dan semakin banyaknya pecinta burung kicau maka banyak pengusaha yang mencoba peruntungannya di usaha penangkaran berbagai jenis burung kicau.

Misalnya burung beo, burung kenari, burung jalak, burung kacer, dan burung pleci. Dalam beternak burung pleci dibutuhkan kerja keras dan kesabaran yang tinggi.

Sebelumnya juga harus diketahui bagaimana cara memilih burung pleci untuk ternak dan bagaimana mempersiapkan makanan, minum, dan perawatan kandang burung pleci. Cara ternak burung pleci ialah:

  1. Mempersiapkan kandang
  2. Pilih indukan pleci
  3. Proses penjodohan burung pleci
  4. Pengeraman telur
  5. Perawatan pleci yang sudah menetas

Makanan Burung Pleci yang Bagus

Saat ini burung pleci merupakan salah satu burung kicau yang sedang diminati banyak orang, olehnya itu banyak orang yang berlomba-lomba untuk memeliharanya.

Namun, disamping menikmati keindahannya dan kemerduan kicauannya, sang pemilik pun harus memerhatikan makanan untuk burung pleci agar dapat menghasilkan kicauan yang merdu dan dapat tetap hidup walau dalam sangkar.

Di alamnya, burung pleci merupakan jenis burung yang suka berkoloni, terbang bersama sembari bersahutan berkicau dengan yang lainnya. Burung pleci memiliki kicau yang cukup khas yang disebut dengan ngalas.

Beberapa makanan burung pleci yang bagus agar ngalasnya tetap merdu ialah dengan memberikan buah-buahan segar, sayur-sayuran, dan beberapa makanan tambahan. Berikut rincian lengkap makanan-makanan yang cocok diberikan untuk burung pleci:

  • Buah-buahan yang segar

Buahan-buahan yang segar dapat diberikan setiap hari untuk burung pleci, adapun sisa dari buahnya sebaiknya diganti dengan yang segar agar burung pleci dapat tumbuh sehat. Adapun buah-buahan yang dapat diberikan yaitu:

  1. Kelengkeng
  2. Pisang
  3. Jeruk
  4. Apel
  5. Dan lain-lainnya.
  6. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran baik untuk kesehatan burung pleci dan untuk mempercantik bulunya serta untuk kesegaran tubuh dari burung pleci. Selain itu, dengan mongonsumsi sayur-sayuran membuat suara burung pleci lebih merdu. Dibawah ini sayur-sayuran yang pas untuk burung pleci yaitu:

  1. Wortel
  2. Mentimun
  3. Tomat
  4. Dan sayuran lainnya.
  5. Makanan tambahan
  6. Ulat kandang
  7. Kroto
  8. Jangkrik

Jenis-Jenis Pleci

Jenis-jenis pleci ada berbagai macam dikarenakan terdapat beberapa keunikan dari burung pleci baik dari fisik maupun suaranya. Adapun jenis-jenisnya ialah:

  • Pleci Mata Cokelat

Jenis ini paling banyak menyebar luas di pulau jawa. Dikatakan mata cokelat karena matanya berwarna cokelat dan bagian dadanya tetap berwarna kuning.

  • Pleci Mata Putih

Jika point pertama plecinya bermata cokelat maka lain hal dengan yang kali ini, dikatakan mata putih karena bola matanya berwarna putih dan dadanya sama-sama berwarna kuning. Pleci ini biasa disebut pleci dakun maput. Pleci ini merupakan salah satu andalan dalam kontes dan saat ini keberadaannya cukup langkah. Pleci mata putih banyak ditemui di pulau jawa.

  • Pleci Auriventer

Yang membedakannya dengan pleci lainnya ialah dadanya yang berwarna ungu sedangkan bagian punggungnya berwarna hijau tua. Ciri lainnya ialah suara lebih nyaring dan mendayu serta memiliki kacamata yang lebih tebal. Pleci ini paling banyak ditemukan di daerah Sumatera.

  • Pleci Montanus

Pleci ini memiliki warna abu-abu pada bagian dadanya dan memiliki pungung berwarna cokelat. Adapun ukuran tubuhnya lebih besar dibanding pleci lainnya begitupun dengan suaranya. Pleci ini banyak ditemukan di pulau jawa.

  • Pleci Black Capped

Kali ini yang membedakan dengan yang lainnya ialah warna yang terdapat pada ujung kepalanya yakni berwarna hitam. Suaranya ngebas dan lirih dan posturnya lebih ramping. Jenis ini banyak ditemukan di pulau Sumatera.

  • Pleci Salvadori Enggano

Bagian dada pada pleci ini berwarna abu-abu kekuningan serta terdapat garis kuning dan dipunggungnya berwarna kuning kehijauan. Suaranya nyaring dan melengking. Posturnya lebih bulat dan berisi. Jenis ini banyak ditemukan di pulau jawa dan sumatera.

  • Pleci Buxtoni

Keunikan yang terdapat pada pleci ini yakni dadanya berwarna abu-abu gelap, dan terdapat sedikit campuran kuning. Dibagian kepalanya sedikit berwarna hitam. Memiliki postur yang besar dan suara yang ngebas, kencang, dan mendayu. Jenis ini banyak ditemukan di pulau sumatera.

Nah, bagaimana dengan penjelasan diatas? Sudah bisakan membedakan antara pleci jantan dan betina?

Kami akhiri pembahasan kali ini yah, semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat untuk kalian semua serta dapat menambah wawasan kalian, terutama bagi yang baru ingin memulai memelihara burung pleci.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *