Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina

Pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi tentang cara membedakan kenari jantan dan betina. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa burung kenari atau yang di dalam bahasa latin dikenal dengan sebutan Serinus Canaria merupakan salah satu dari banyaknya jenis burung berkicau.

Karena termasuk salah satu burung bersuara merdu,ย  tidak heran jika banyak orang yang menjadikan burung kenari sebagai burung peliharaan di rumah maupun sebagai burung lomba. Selain itu, burung kenari juga diminati banyak orang karena warna bulunya yang cerah dan cantik. ย 

Melihat daya tarik yang dimiliki oleh burung kenari ini, banyak para pecinta burung yang menjadikan burung kenari sebagai ladang rejeki untuk mereka.

Saat ini, beternak burung kenari juga sudah dianggap sebagai lahan bisnis yang menjanjikan. Selain karena harga burung kenari yang memiliki nilai cukup mahal, tingginya minat masyarakat terhadap burung kenari juga menjadi alasan mengapa membudidayakan ternak burung kenari bisa menguntungkan dari segi bisnis. Tentunya dengan syarat Anda betul-betul mengetahui cara ternak kenari yang benar.

Karena banyaknya orang-orang yang tertarik pada burung kenari saat ini, menjadikan bisnis ternak kenari tidak akan pernah sepi. Permintaan yang banyak tentunya akan menghasilkan penjualan yang tinggi pula.

Potensi pasar yang cukup besar dan menggiurkan dari burung kenari ini menjadikan banyak pecinta burung kenari yang berlomba-lomba untuk mengembangbiakkan burung kenari yang mereka miliki. Yang awalnya hanya sekedar hobi memelihara dan ikut lomba, sekarang merambah ke dunia bisnis burung kenari dengan hasil yang tentu saja menggiurkan.

Tentu saja dalam membudidayakan ternak burung kenari ini tidaklah begitu mudah. Dibutuhkan kesabaran, keahlian khusus dan tentunya wawasan yang cukup tentang cara ternak kenari dan hal-hal yang berkaitan dengannya seperti mengetahui cara menjodohkan kenari dan cara menurunkan birahi kenari, cara memilih bibit kenari berkualitas, dan lain sebagainya.

Meskipun para penggemar burung kicau kebanyakan lebih mengincar burung kenari jantan karena suaranya yang lebih merdu serta lebih mudah dilatih dibandingkan kenari betina, pada dasarnya burung kenari betina juga mempunyai keuntungan tersendiri bagi para peternak burung kenari. Mengapa? Karena indukan kenari yang berkualitas akan menghasilkan keturunan kenari yang berkualitas pula. ย ย 

Karena burung kenari jantan memiliki suara yang lebih bagus dari kenari betina, menjadikan burung kenari jantan sangat cocok untuk dijadikan sebagai masteran.

Sayangnya, beberapa orang yang baru saja ingin memulai ternak dan hobi memelihara burung ini masih belum mengetahui hal tersebut. Mereka masih tidak tahu cara membedakan kenari jantan dan betina. Akibatnya, sebagian mereka menyangka kalau kualitas kicauan burung kenari jantan dan betina sama saja.

Faktanya, terdapat beberapa perbedaan yang dimiliki oleh burung kenari jantan dan burung kenari betina. Untuk membedakan jenis kelamin antara burung kenari betina dan burung kenari jantan maka kalian dapat mengamatinya dengan memperhatikan bentuk fisik, kicauan, suara ataupun gerak-gerik dari burung kenari itu sendiri.

2 Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina

Secara umum ada dua cara membedakan kenari jantan dan betina, yaitu dilihat dari segi fisik dan dari segi kebiasaan atau perilaku burung kenari. Adapun detailnya adalah sebagaimana di bawah ini.

A. Dilihat dari segi fisik burung kenari

Untuk para pemula yang masih bingung dalam mengenali jenis kelamin burung kenari jantan dan burung kenari betina, kalian bisa menemukan perbedaan tersebut dengan memperhatikan ciri fisik pada burung kenari. ย Berikut adalah beberapa ciri fisik yang perlu kalian tahu untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin burung kenari betina dan burung kenari jantan.

Bentuk kepala pada burung kenari

Bentuk kepala burung kenari betina pada usia muda terlihat lebih pipih sedangkan pada burung kenari jantan akan terlihat agak bulat. Sebaliknya, burung kenari yang berjenis kelamin betina pada usia dewasa akan memiliki bentuk kepala yang cenderung bulat dan pada burung kenari berjenis kelamin jantan akan terlihat lebih pipih.

Bentuk wajah pada burung kenari

Seperti halnya pada karakter wajah laki-laki yang terlihat lebih garang atau sangar. Burung kenari jantan juga memiliki eksperesi wajah yang garang dan juga sangar.

Sebaliknya, pada ekspresi wajah burung kenari betina juga cenderung menyerupai karakter wajah perempuan yang terlihat lebih kalem, cantik dan lembut. ย 

Bentuk mata pada burung kenari

Kemudian, kita beranjak pada bagian mata burung kenari. Untuk bagian mata pada burung kenari jantan akan terlihat lebih sejajar dengan paruhnya sedangkan bagian mata untuk burung kenari betina tidak terlihat sejajar dengan paruhnya. Bisa dikatakan bila posisi mata pada burung kenari betina cenderung berada di atas paruhnya.ย 

Bentuk kaki pada burung kenari

Untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin pada burung kenari jantan dan burung kenari betina juga bisa diamati pada bentuk ataupun posisi kakinya. Pada umumnya bentuk kaki pada burung kenari jantan cenderung lebih kuat dan lebih besar bila dibandingkan dengan kaki burung kenari betina.

Burung kenari jantan memiliki postur kaki yang lebih kokoh daripada kenari betina maka kekuatan cengkraman pada burung kenari jantan untuk bertengger ataupun menangkap mangsa juga lebih kuat dibandingkan dengan kenari betina.

Bentuk kloaka (dubur) dan selangkangan pada burung kenari

Menurut para pecinta burung kenari, salah satu cara termudah untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin antara burung kenari betina dan burung kenari jantan adalah lewat bentuk kloaka atau duburnya. Bentuk kloaka atau dubur dari burung kenari jantan akan terlihat lebih menonjol sedangkan pada burung kenari betina memiliki bentuk yang lebih datar atau rata dengan kulit di sekitarnya. Kemudian, untuk bagian selangkangan pada burung kenari jantan akan terlihat lebih rapat. Berbeda dengan burung kenari betina yang memiliki bentuk selangkangan yang agak lebih terbuka.

Karakter tulang belakang pada burung kenari

Beberapa pecinta burung kenari sangat jarang membahas perbedaan jenis kelamin burung kenari betina dan jantan dengan cara mengamati tulang belakang pada burung kenari. Bisa dibilang bentuk dan ciri tulang belakang pada burung kenari jantan dan betina terlihat sama saja.

Namun, jika diperhatikan lebih seksama lagi, terdapat perbedaan bentuk warna pada tulang belakang burung kenari betina dan jantan. Burung kenari jantan memiliki warna yang lebih kuat dan pekat pada tulang belakang mereka.

Sebenarnya, pada burung kenari betina juga terdapat warna yang cukup pekat tetapi, warna pada tulang belakang burung kenari jantan terlihat lebih memanjang dibandingkan burung kenari betina.

Pembuluh vena pada burung kenari

Kemudian, cara lain untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin burung kenari jantan dan betina pada usia muda (3-7 hari) adalah dengan mengamati pembuluh vena yang terdapat pada perut burung kenari.

Pembuluh vena ini terlihat seperti garis merah yang memanjang hingga ke arah dubur burung kenari. Jika kalian menemukan garis merah pada burung kenari ini maka bisa dipastikan jika burung kenari tersebut berjenis kelamin jantan karena pembuluh vena pada burung kenari betina tidak bisa terlihat.ย 

B. Dilihat dari perilaku atau kebiasaan burung kenari

Selain melihat dari bentuk fisik, memperhatikan pola kebiasaan atau tingkah laku pada burung kenari juga bisa menjadi cara untuk mengetahui apakah burung kenari tersebut berjenis kelamin jantan atau berjenis kelamin betina. Nah, adapun perilaku atau pola kebiasaan yang perlu kalian perhatikan untuk mengetahui jenis kelamin pada burung kenari adalah sebagai berikut.

Suara burung kenari

Suara kenari bisa menjadi indikator penting dalam mengetahui jenis kelaminnya. Suara burung kenari yang lantang, merdu serta berirama menjadi tanda bila burung kenari tersebut berjenis kelamin jantan. Karena alasan inilah sehingga burung kenari jantan lebih banyak dipilih untuk dikutsertakan dalam lomba kicau burung.

Sebaliknya, suara yang dimiliki oleh burung kenari betina tidak seindah dan selantang burung kenari jantan. Lalu, di usia anak-anak, kicauan burung kenari jantan sudah terdengar lebih lantang dibandingkan burung kenari betina. Ini bisa kalian perhatikan saat anakan burung kenari sedang kelaparan atau saat sedang mencari induknya.

Bisa dipastikan bila anakan burung kenari yang memiliki jeritan paling keras dan nyaring adalah burung kenari yang berjenis kelamin jantan.ย  Bila burung jantan kenari kalian tiba-tiba mengalami macet bunyi mungkin saja burung kenari kalian sedang mengalami overbirahi, sakit, atau mungkin kalian melakukan pola perawatan yang salah seperti terlalu sering memberi makanan sehingga burung kenari menjadi gemuk atau mungkin karena sangkar burung yang kotor karena jarang dibersihkan.

Kebiasaan melompat pada burung kenari

Kebiasaan melompat dari burung kenari ini bisa kalian perhatikan saat burung kenari berusia muda yaitu sekitar usia satu sampai tiga minggu. Pada umumnya, burung kenari jantan memiliki lompatan yang lebih jauh dari burung kenari betina.

Perilaku pada burung kenari

Cara membedakan kenari jantan dan betina selanjutnya adalah dengan mengamati perilaku di dalam sangkar. Untuk mengetahui apakah burung kenari tersebut jantan atau betina maka kalian juga bisa memperhatikannya lewat gerak-gerik yang dimilikinya.

Biasanya, burung kenari jantan akan terlihat lebih sangar, aktif, energik, dan agresif. Sangat jauh berbeda dengan burung kenari betina yang cenderung lebih pendiam bahkan sangat suka berdiam diri di satu tempat saja.

Cara bertarung pada burung kenari

Dengan postur tubuh yang lebih kuat dan bergerak lebih aktif dan agresif, menjadikan burung kenari jantan lebih mudah dikenali. Saat bertarung, burung kenari jantan akan lebih aktif menyerang dan cenderung agresif. Sangat jauh berbeda dengan burung kenari betina yang sangat pendiam dan tidak memiliki mental dan fisik yang kuat untuk bertarung seperti yang dilakukan oleh burung kenari jantan.

Posisi cengkraman pada burung kenari

Beberapa penggemar burung kenari juga menjadikan cengkraman cakar burung kenari sebagai patokan untuk mengetahui jenis kelaminnya. Kalian bisa memperhatikan posisi cengkraman burung kenari yang terdapat pada sangkar kalian atau mungkin bisa dilihat saat burung kenari bertengger pada suatu kayu atau dahan.

Pada umumnya, burung kenari jantan akan mencengkram kayu atau tempatnya bertengger dengan posisi cangkraman yang sangat kuat dan kokoh. Sedangkan pada burung kenari betina akan mempelihatkan posisi cengkraman yang lebih lemah.ย 

Nah, demikianlah beberapa informasi tentang cara membedakan kenari jantan dan betina yang bisa kalian lihat dan amati dari segi fisik, suara maupun tingkah lakunya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi rujukan kalian saat ingin membeli atau memelihara burungkenari.ย