Pengertian ATP dan Fungsinya Lengkap !

atp adalah

ATP adalah singkatan dari Adenosin Trifosfat. ATP juga mempunyai rumus empiris, yaitu C10H16N5O13P3. Molekul ini terdiri dari adenosin dan tiga gugus fosfat. ATP juga merupakan nukleotida yang mengandung energi kimia.

Selain itu, ATP adalah molekul energi yang bisa ditemukan di setiap sel. ATP tersebut melepaskan energi ketika hidrolisis dan kemudian akan menjadi ADP (Adenosin Difosfat ).

A. Fungsi ATP adalah

atp adalah

Fungsi ATP adalah untuk menyimpan dan memasok sel serta untuk transportasi energi yang berguna untuk berbagai proses metabolisme. Bahan utama yang membentuk ATP yaitu ada karbon, oksigen, hidrogen, nitrogen, dan fosfor.

Di bagian tengah ATP terdapat suatu molekul gula yang bisa juga disebut dengan ribosa. Ribosa memiliki cincin karbon dan nitrogen yang melekat di salah satu ujung ribosa dan bisa juga disebut dengan adenin.

ATP itu sendiri bisa mendapat energi karena memecah suatu makanan. Pemecahan makanan ini dilakukan di dalam mitokondria. Yang dibicarakan di sini yaitu, hewan akan makan makanan, dan tanaman akan menyerap energi dari cahaya melalui fotosintesis.

Selain itu, inti dari ATP adalah molekul Adenosin Monofosfat (AMP). Proses penambahan gugus fosfat kedua di inti yang menghasilkan molekul akan dinamakan pembentukan Adenosin Difosfat (ADP).

Sedangkan penambahan gugus fosfat ketiga yang membentuk molekul akan disebut pembentukan Adenosine Trifosfat (ATP).

Penambahan gugus fosfat ke dalam molekul sangat membutuhkan energi. Gugus fosfat sendiri bermuatan negatif dan akan menolak saat di susun seri dengan ADP dan ATP yang tidak bermuatan negatif.

Karena tolakan ini, ADP dan molekul ATP akan menjadi tidak stabil. Sehingga, akan muncul peristiwa pelepasan satu atau dua gugus fosfat dari ATP. Proses pelepasan gugus fosfat ini dinamakan dephosphorylation (melepaskan energi).

B. Energi dan Fosforilasi Dari ATP adalah

atp adalah

Hidrolisis adalah proses terpisahnya atau pecahnya makromolekul kompleks. Selama hidrolisis itu terjadi, air akan dibagi menjadi kelompok atom yang dihasilkan hidrogen (H+) dan kelompok hidroksil (OH-) yang ditambahkan ke molekul yang lebih besar.

Hidrolisis pada ATP akan menghasilkan ADP, dan juga bersama dengan ion fosfat anorganik. Untuk melaksanakan proses kehidupan, ATP memang harus dipecah menjadi ADP, sedangkan ADP akan terus diregenerasi menjadi ATP.

Air yang dipecah menjadi hidrogen dan gugus hidroksil pada proses hidrolisis ATP akan dibuat ulang saat fosfat ketiga ditambahkan ke molekul ADP, atau bisa juga disebut dengan reformasi ATP.

Untuk proses tersebut, sudah jelas ATP akan sangat memerlukan energi. Energi yang di dapat oleh ATP bisa berasal dari metabolisme glukosa.

Dengan cara ini, bisa juga disebut ATP adalah hubungan langsung antara sel yang terbatas jalur eksergonik katabolisme glukosa dan sel yang banyak jalur endergonik.

Fosforilasi

atp adalah

Saat ATP dipecah (di hidrolisis), energi dilepaskan dan akan digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan untuk pembentukan ADP. Fosfat hasil dari hidrolisis tersebut ada yang langsung di kirim ke molekul lain, contohnya protein.

Jadi, ATP akan menyimpan energi untuk memindahkan protein selama kontraksi otot. Transpor aktif dalam membran sel akan memompa protein untuk natrium-kalium.

Fosforilasi oleh ATP sendiri sebenarnya akan mengubah struktur protein integral yang berfungsi sebagai pemompa yang akan mengubah afinitas untuk natrium dan kalium.

Nah, dengan cara ini, sel bisa melakukan pekerjaan dengan menggunakan energi dari ATP untuk memompa ion dan melakukan pekerjaan lainnya.

Itulah pengertian ATP dan fungsinya, semoga bisa membantu Anda dalam proses belajar. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *