Mengenal  11 Jenis Alat Musik Dangdut dan Cara Memainkannya

Alat Musik Dangdut adalah jenis musik yang mungkin sudah banyak dikenal oleh semua kalangan yang ada di Indonesia. Musik dangdut juga merupakan kombinasi antara musik melayu dengan musik india.

Kemudian, untuk musik ini berkembang dan juga memiliki ciri khas yang lain dengan musik melayu. Ciri khas dari musik beraliran dangdut ini yaitu memakai alat musik tabla.

Yaitu sejenis alat musik perkusi yang nantinya bisa memperoleh suara ndut. Musik dangdut juga mempunyai irama yang ringan. Dan ini yang menjadikan penyanyi serta penikmat musik ini akan menggerakkan anggota badannya.  Jenis alat musik dangdut juga ada berbagai macam jenisnya.

Tidak bisa dipungkiri, jika di zaman yang modern ini musik dangdut  jangkauannya sudah ada di semua lapisan masyarakat. Dari mulai kalangan bawah sampai dengan kalangan menengah keatas.

Sekarang ini, musik dangdut juga sudah masuk dunia hiburan diskotik. Inilah yang membuat dangdut dijadikan sebagai menu musik setiap hari. Musik dangdut juga termasuk jenis musik rakyat, yang dapat diterima dengan oleh masyarakat Indonesia dengan mudah.

Meskipun banyak aliran atau warna musik baru yang datang ke Indonesia saat ini. Untuk alunan hentakan kendang dalam musik ini menjadikan ciri khas dari musik dangdut, sejumlah instrumen musik lainnya pun sangat berpengaruh dalam sajian lagu dangdut.

Alat Musik Dangdut

Alat Musik Dangdut

Untuk menghasilkan musik dangdut yang bervariasi dan enak untuk didengarkan, jenis alat musik dangdut juga sangatlah dibutuhkan. Berikut ini adalah jenis alat musik dangdut yang harus anda ketahui.

Ketipung

Ketipung adalah salah satu jenis alat musik yang biasa, bahkan terus digunakan untuk mengiringi musik-musik dangdut. Alat musik dangdut ini  juga sudah menjadi salah satu ciri khas dari alat musik dangdut.

Jenis alat musik ini juga memiliki satu sisi tabuh ini dengan ukuran yang kecil dan berbentuk bulat memanjang. Yaitu dengan bagian tengahnya yang memiliki ukuran lebih besar.

Pada umumnya ketipung ini digunakan untuk mengiringi musik-musik yang dihadirkan dengan nuansa Timur Tengah. Biasanya juga dihiasi berbagai motif etnik khas Indonesia.

Untuk memainkan  alat musik ini bisa dibunyikan dengan cara dipukul menggunakan tangan, tanpa alat bantu.

Seruling

Seruling atau yang dikenal dengan flut merupakan salah satu jenis alat musik dari famili alat tiup kayu maupun woodwind.

Lain halnya dengan alat rid, seruling merupakan sebuah alat aerofon maupun alat tiup tanpa rid yang mengeluarkan bunyi jika dibandingkan aliran udara yang ada di lubang.

Seruling juga termasuk satu dari banyak musik yang sudah banyak dikenal oleh penikmat musik dangdut. Suling yang pada umumnya dimainkan pada aliran musik dangdut yaitu berupa suling bambu.

Sebab, alat musik berupa suling bambu bisa untuk mengeluarkan bunyi merdu yang khas, dan kekhasan tersebut sekarang identik dengan musik dangdut.

Akan tetapi, tidak seluruh pemain seruling bisa menghasilkan nada nada merdu yang menghanyutkan. Namun harus memiliki keahlian serta kemampuan khusus dalam memainkan seruling.

Faktor utama yang bisa berpengaruh terhadap kualitas permainan pemain seruling yaitu masalah pernapasan. Cara memainkannya yaitu dengan cara meniup.

Namun, untuk cara meniup seruling sebaiknya dilakukan dengan benar, jika ingin mengeluarkan bunyi yang baik.

Kendang

Jenis alat musik dangdut yang selanjutnya adalah kendhang. Kendhang merupakan alat musik utama yang digunakan dan dimainkan dalam musik dangdut. Bahkan setiap Orkes Melayu  juga dilengkapi dengan ketukan tabuhan kendang yang.

Alat musik ini juga dimainkan dengan cara ditabuh dengan memakai tangan kosong saja. Seorang penabuh kendhang yang ada pada musik dangdut pada umumnya diharuskan memahami serta sebaiknya menguasai berbagai macam irama ketukan pada aliran musik dangdut.

Gitar

Gitar merupakan alat musik petik modern yang dimanfaatkan sebagai alat musik pengiring pada aliran musik dangdut. Tak hanya dijadikan untuk pengiring, alat musik gitar juga kerap dimainkan dalam mengisi melodi pada sebuah lagu.

Penggunaan gitar pada jenis musik biasanya menggunakan gitar listrik tanpa kepala, banyak yang menyebutnya dengan gitar buntung.

Organ

Jenis alat musik dangdut berupa organ ini yang banyak digunakan yaitu organ elektrik. Sebab, untuk suara yang dihasilkan asalnya dari mesin. Organ juga dimanfaatkan sebagai pengiring lagu dangdut yang memiliki nuansa melow dan sendu.

Organ juga kerap dimainkan untuk dijadikan sebagai sajian pembuka, atau intro pada sebuah lagu dangdut. Pada umumnya dimainkan untuk dijadikan penutup diakhir lagu. Untuk memainkan alat musik organ tak berbeda jauh dengan piano atau keyboard.

Tamborin

Tamborin juga termasuk salah satu jenis alat musik perkusi yang cara memainkannya yaitu dengan cara ditabuh serta digoyangkan. Alat musik dangdut ini juga bisa menghasilkan suara yang gemerincing.

Yang mana bisa dipadukan dengan menggunakan suara tabuhan dari bagian membrannya. Alat musik ini juga bisa dimainkan yaitu dengan cara digoyang atau dengan cara di tabuh menggunakan tangan.

Suara gemerincing tersebut dihasilkan dari piringan piringan besi yang ada di pinggir Tamborin. Inilah yang menjadi ciri khas dari jenis alat musik ini.

Terompet

Terompet juga termasuk jenis alat musik modern tiup yang seringkali digunakan dalam sajian musik dangdut.

Digunakannya alat musik terompet pada sebuah lagu dangdut ini juga tak lepas dari kebutuhan di dalam menambah atau untuk merubah warna lagu.

Alat musik terompet juga mempunyai tiga tut pengatur nada. Kualitas permainan terompet ini disesuaikan dengan kualitas pernapasan pemain dari alat musik itu.

Bass

Bass juga termasuk alat musik dangdut yang termasuk dalam alat musik modern yang memiliki 4 dawai. Sedangkan bentuknya mirip dengan bentuk tubuh alat musik gitar.

Bass  juga berfungsi sebagai pengiring serta untuk pelengkap dalam sebuah lagu, seperti halnya lagu dangdut. Tidak berbeda dengan jenis musik lain, diantaranya seperti rock atau musik pop.

Alat musik ini dalam musik dangdut tak hanya berfungsi sebagai pengiring.  Namun juga berfungsi untuk mengatur tempo dan juga untuk mengatur  irama.

Pada aliran musik dangdut, alat musik ini juga berpengaruh terhadap enak atau tidaknya dalam suatu grup.

Harmonika

Dalam acara atau pagelaran musik dangdut pantura, harmonika pada umumnya banyak dipergunakan. Dan penambahan alat musik harmonika ini pada umumnya digunakan sebagai penambah warna pada jenis lagu.

Alat musik yang memainkannya dengan cara ditiup ini pada umumnya dimainkan untuk dijadikan pembuka dari sebuah lagu dangdut. Yang mana untuk mengisi bagian melodi atau dipakai sebagai penutup pada lagu dangdut.

Untuk memainkannya, sangatlah diperlukan pernapasan yang cukup. Sebab, untuk kualitas suara harmonika juga disesuaikan dengan kualitas pernapasan dari pemainnya.

Drum

Alat musik drum juga tetap diperlukan dalam sajian musik dangdut. Jenis alat musik pukul yang modern ini bisa menjadikan musik dangdut semakin asik dinikmati.

Sexophone

Alat musik ini digunakan saat musik dangdut tersebut menggabungkan genre dari musik lain.  Pemakaian sexophone pada umumnya juga memberikan nuansa dan warna berbeda pada sebuah lagu dangdut. Jangkauan sexophone juga sudah bisa dinilai luas daripada terompet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *